Angin Duduk Apakah Bahaya?

Angin Duduk Apakah Bahaya?

Angin Duduk Apakah Bahaya?

Angin Duduk Apakah Bahaya?. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah topik mengenai “angin duduk” yang cukup unik terutama di negara kita Indonesia. Jadi seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia ini sendiri banyak sekali istilah-istilah penyakit yang selalu kita dengar setiap harinya. Salah satunya adalah angin duduk ini sendiri. Ada beberapa orang yang mengatakan seseorang dapat meninggal dunia akibat terkena masuk angin dan lain sebagainya yang terkadang justru membuat semua orang ketawa. Jadi yang perlu anda semua perhatikan baik-baik adalah istilah angin duduk ini sebelumnya tidak ada di kamus kedokteran. Kemungkinan besar angin duduk yang dimaksud oleh masyarakat kita adalah serangan jantung atau disebut juga dengan sindrome koroner akut.

Jadi gejala yang ditimbulkan adalah angina vectoris atau nyeri dada yang rasanya seperti sedang tertusuk atau tertekan di bagian dada kemudian menjalar ke bagian lengan,punggung,leher bahkan juga hingga sampai ke rahang. Dan bagi penderitanya biasa mengalami pusing,mual,badan lemas,kaki lemas hingga bahkan bisa membuat seseorang pingsan.

BACA JUGA:Penyebab Bangun Tidur Lemas Kenapa?

Dampak Yang ditimbulkan

Angin Duduk Apakah Bahaya?. Dan seperti yang anda ketahui bahwa gejala yang ditimbulkan ini sangat khas dan biasanya nyerinya cukup lama yaitu sekitar 2o menit. Beberapa dari anda juga ada yang mengatakan atau bertanya mengapa justru orang yang terkena serangan jantung dapat meninggal secara tiba-tiba. Jadi jantung itu berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh anda dimana darah tersebut mengangkut oksigen dan juga nutrisi. Otot jantung itu sendiri juga membutuhkan suplai oksigen yang berasal dari arteri atau pembuluh darah koroner.

Dimana dengan bertambahya usia seseorang jika tanpa dibarengi dengan pola makan yang baik,aktiftas fisik yang cukup maka nantinya akan terjadi penumpukan plak atau yang kita sebut juga dengan asterosklerosis. Dimana dengan begitu elastisitas pembuluh darah akan berkurang dan kemudian juga mulai memburuk. Sehingga pada akhirnya akan mengalami penyumbatan sedikit demi sedikit atau disebut juga dengan ongoing proccess ke arah penyakit jantung koroner tetapi belum menunjukkan gejala sama sekali.

Angin Duduk Apakah Bahaya?               Angin Duduk Apakah Bahaya?

Pada saat anda merasakan nyeri dada sebenarnya disitu sudah terjadi penyumbatan pada arteri atau pembuluh darah koroner anda. Sehingga pada akhirnya otot jantung tersebut tidak mendapatkan suplai oksigen sehingga akan mengalami nyeri yang sering kita sebut juga dengan angina atau yang masyarakat kita sebut juga dengan angina. Dan proses ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama namun puncak terjadinya itu secara tiba-tiba. Apabila tidak segera mendapat pertolongan maka justru akan menyebabkan kematian nantinya.

Karena jantung ini sendiri berfungsi untuk memompa darah yang berisi oksigen dan juga nutrisi. Jika jantung tidak dapat memompa darah maka otak kita tidak akan mendapat suplai oksigen dan juga nutrisi nantinya. Kemudian juga ada beberapa faktor resiko yang menyebabkan pembuluh darah kita menyempit. Berikut adalah beberapa faktor tersebut.

 

1.Kolsterol

Angin Duduk Apakah Bahaya?

Jadi kolestrol itu sendiri dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu kolestrol baik dan juga kolestrol jahat. Bisa juga disebut dengan LDL (Trygliceride ) untuk kolestrol jahat. Dimana jika jumlahnya berlebihan akan mengendap pada dinding pembuluh darah dan menyebabkan aterosklerosis dan sehingga lama-kelamaan pembuluh darah kita tadi akan menyempit.

2. Diabetes

Faktor yang kedua adalah diabetes dimana kadar gula yang terlalu tinggi di dalam darah sehingga dengan begitu akan merusak dinding pembuluh darah kita.

3. Hipertensi atau darah tinggi

Kemudian faktor yang ketiga adalah hipertensi atau disebut juga dengan darah tinggi.

4. Stress

Angin Duduk Apakah Bahaya?

Di saat kita sedang stres pembuluh darah kita akan mengalami vasokontriksi atau dengan kata lain disebut juga dengan mengecil.

 

5. Obesitas

Angin Duduk Apakah Bahaya?

Kemudian faktor berikutnya adalah obesitas dan mereka yang mengalami obesitas atau kegemukan akan rentan terserang penyakit jantung koroner dan serangan jantung karena lemak yang berlebihan. Olahraga yang dianjurkan disini adalah sebanyak 3-5 kali dalam seminggu dan lakukanlah olahraga tersebut sesuai dengan kondisi fisik dan juga usia anda. Kemudian juga olahraga itu baik untuk dilakukan namun jika dilakukan secara berlebihan juga dapat memicu serangan jantung tentunya. Untuk itu jangan sampai anda berolahraga dengan terlalu ekstrim dan juga berlebihan sekali.

6. Usia

Angin Duduk Apakah Bahaya?

Kemudian faktor yang keenam dan juga harus anda ketahui adalah faktor usia. Dan faktor ini adalah faktor yang tidak dapat kita lawan sama sekali tentunya. Jadi dengan begitu terdapat dua faktor yaitu faktor yang dapat diubah dan juga faktor yang tidak dapat diubah. Kemudian usia ini sendiiri merupakan faktor yang tidak dapat kita ubah sama sekali.

7. Jenis kelamin seseorang

Angin Duduk Apakah Bahaya?

Selanjutnya juga tergantung dengan jenis kelamin seseorang. Dan menurut teori yang dikutip berdasarkan Youtube Channelnya Dr.Sung menyebutkan bahwa pria lebih sering mengalami gejala angina atau yang kita sebut juga dengan angin duduk ini dibandingkan dengan wanita.

BACA JUGA:Gangguan Kesehatan Wanita Menopause

Jadi beberapa poin diatas adalah faktor-faktor resikonya. Dan untuk cara menceganya kami akan memberikan tips-tips sederhana yang dapat dilakukan dibawah ini.

1.Mengonsumsi real food

Angin Duduk Apakah Bahaya?

Dan seperti yang telah kami sebutkan di artikel-artikel kami sebelumnya bahwa sebaiknya anda tidak mengonsumsi makanan real food yang tidak terlalu banyak diolah seperti digoreng,dan lain sebagainya. Apalagi jika anda menambahkan pengawet,pemanis dan juga perasa lainnya.

2. Batasi jumlah kalori harian anda dan jangan berlebihan

Angin Duduk Apakah Bahaya?

Kemudian bagi anda yang mengalami obesitas ataupun kegemukan berusahalah untuk segera menurunkan berat badan anda dan juga hindari diri anda dari stress karena stress dapat memicu terjadinya serangan jantung. Dan ini juga tidak baik untuk kesehatan organ tubuh anda nantinya.

3. Berolahraga dengan teratur

Angin Duduk Apakah Bahaya?

Kemudian anda juga dapat melakukan olahraga secara rutin dengan teratur sebanyak 3-5 kali dalam seminggu. Untuk bagi anda yang tidak pernah berolahraga sebelumnya ada baiknya agar anda mentor olahraga yang sesuai dengan anda. Namun juga jangan sampai anda berolahraga dengan berlebihan sekali. Selanjutnya juga bagi anda yang suka minum-minuman beralkohol agar dapat mengurangi mengonsumsi minum-minuman tersebut. Karena hal tersebut tidak baik untuk kesehatan anda dan juga organ tubuh anda tentunya.

Lalu bagi anda yang memiliki faktor-faktor resiko yang sudah kami sebutkan tadi misalnya saja darah tinggi,diabetes,dan sebagainya untuk melakukan check-up secara rutin dan berkala. Dan kemudian juga kunjungilah dokter pribadi yang dapat anda percayai tentunya dan konsultasikanlah dengan ahlinya. Itulah beberapa faktor-faktor resiko yang dapat ditimbulkan dengan adanya angin duduk serta beberapa tips dan trick cara mencegahnya.

Jika anda merasa bahwa artikel yang sedang anda baca ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman anda maupun orang-orang disekitar anda. Tentunya agar mereka juga merasakan manfaat yang anda rasakan sehingga kita menumbuhkan kesadaran untuk menjaga kesehatan mereka. Mudah-mudahan artikel ini dapat anda pahami dan juga anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *