Apa yang menyebabkan keputihan berlebihan?

 

Apa yang menyebabkan keputihan berlebihan?

Apa yang menyebabkan keputihan berlebihan?. Pada artikel kali ini kita akan membahas topik yang tentunya pernah dialami oleh semua wanita di muka bumi ini. Dan yang perlu anda ketahui adalah bahwa keputihan ini bisa terjadi secara keputihan normal maupun juga bisa terjadi secara tidak normal. Untuk keputihan yang terjadi atau berlangsung secara normal kita sebut dengan fisiologis sedangkan untuk yang tidak normal kita sebut juga dengan patofisiologis. Untuk keputihan yang terjadi secara normal biasanya lendir yang dikeluarkan pada masa subur akan lebih banyak jumlahnya.

Apa yang menyebabkan keputihan berlebihan?

Namun yang akan terjadi jika keputihan tersebut tidak terjadi secara normal akan muncul seperti bau,kemudian terjadi gatal-gatal pada organ kelamin dan sebagainya. Jika anda semua para wanita menemukan keputihan yang dihasilkan warnanya sudah berubah menjadi kuning ataupun berbau dan juga terjadi iritasi atau gatal-gatal. Maka sebaiknya jika anda mengalami beberapa hal yang telah disebutkan diatas sebaiknya anda segera mengunjungi dokter anda terkait dengan masalah ini.

Ciri-ciri keputihan tidak normal untuk anda ketahui

Apa yang menyebabkan keputihan berlebihan?. Penyebab daripada keputiham tidak normal atau yang kita sebut juga dengan patofisiologis ini bermacam-macam dan disini kami sudah merangkum beberapa gejala dan juga ciri-ciri keputihan yang tidak normal serta beberapa penyebabnya. Dan tentunya kami juga sudah merangkum beberapa hal tersebut dan biasanya keputihan tidak normal disebabkan oleh adanya infeksi. Salah satu gejala keputihan tidak normal adalah keputihan menggumpal dan dibawah ini kami sudah merangkumnya.

BACA JUGA:Gangguan Kesehatan Wanita Menopause

1. Keputihan bewarna putih (keputihan bening),kuning,hijau dan juga berbuih.

Keputihan jenis ini biasanya  disebabkan oleh trikominiasis yang adalah suatu infeksi menular dan pada biasanya ditularkan melalui hubungan seksual. Dan juga disebabkan oleh adanya parasit yang disebut dengan trichomonas vaginalis.

2. Keputihan dengan luka melepuh disekitar organ kelamin

Penyebab keputihan tidak normal yang ke selanjutnya adalah keputihan yang disertai dengan adanya luka melepuh pada sekitar area organ genital. Jadi keputihan ini disebabkan oleh adanya penyakit herpes genital. Dan biasanya pada penderitanya akan terjadi luka melepuh pada kulit organ genitalnya dan juga disertai dengan adanya rasa sakit disekitar organ intim. Dan kurang lebih seperti itulah gambarannya dan kami tidak akan membahasnya secara detail disini namun akan kami bahas pada kesempatan selanjutnya

Apa yang menyebabkan keputihan berlebihan?

3. Keputihan yang disertai dengan lendir kental atau keputihan gatal

Yang ketiga adalah keputihan yang disertai dengan adanya lendir kental bewarna putih serta disertai dengan adanya rasa gatal. Biasanya jika keputihannya seperti disebabkan oleh adanya jamur pada organ kelamin. Kemudian juga gejala-gejala yang menyertai adalah adanya timbul rasa gatal dan perih disekitar area vagina.

4. Keputihan encer bewarna putih dan keputihan bau

Yaitu keputihan dengan disertai adanya lendir encer bewarna putih ataupun juga abu-abu. Kemudian juga disertai dengan adanya bau amis dan biasanya disebabkan oleh adanya infeksi bakteri. Hal ini dapat terjadi karena adanya perubahan keseimbangan PH atau keseimbangan flora normal pada organ intim anda. Jadi lendir yang dihasilkan tersebut biasanya berbau kemudian juga bewarna putih ataupun juga abu-abu. Apabila anda menemukan yang seperti ini cobalah untuk segera memeriksakan diri anda ke dokter agar dapat memeriksa anda dengan baik dan tentunya dokter anda tersebut dapat memberikan antibiotik yang tepat.

Apa yang menyebabkan keputihan berlebihan?

5. Keputihan dengan lendir bewarna coklat serta mengandung darah ( keputihan coklat)

Jika gejalanya seperti ini biasanya disebabkan karena adanya siklus menstruasi yang tidak teratur. Dan bisa jadi ini merupakan sebuah indikasi terjadinya kanker serviks ataupun kanker leher rahim. Dan apabila anda menemukan keputihan yang seperti ini maka segera berkonsultasilah kepada dokter anda.

6. Keputihan yang disertai dengan adanya rasa nyeri dan juga pendarahan.

Jadi apabila anda terjadi pendarahan lagi diluar siklus menstruasi maka berhati-hatilah dan segeralah periksakan diri anda kepada dokter anda. Dan apabila anda mengalami rasa nyeri ketika sedang berhubungan seksual dan nyeri tersebut anda rasakan tidak seperti biasanya melainkan nyeri yang luar biasa. Maka dari kasus ini kemungkinan besar anda terinfeksi oleh bakteri gonorhae ataupun juga clamydia. Kemudian juga anda harus memerikasakan diri anda dengan dokter untuk membuat suatu diagnosa yang pasti.

Itulah beberapa gejala yang ditimbulkan dari keputihan yang berlangsung secara tidak normal. Berikut kami juga akan membahas beberapa tips dan trick yang dapat anda lakukan agar anda dapat mencegah diri anda dari keputihan yang berlangsung tidak normal.

1. Jagalah kebersihan

Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan cara menjaga kebersihan ataupun juga hiegenitas diri anda. Jadi ketika anda sedang membersihkan organ intim anda sebaiknya gunakanlah handuk ataupun kain yang halus agar tidak mengiritasi kulit anda. Anda bisa menyeka dari depan ke belakang dan jangan dibolak-balik karena dikhawatirkan kuman dari anus akan masuk kedalam organ intim anda sehingga pada akhirnya terjadi infeksi disana.

Apa yang menyebabkan keputihan berlebihan?

2. Hindari pemakaian gel

Apa yang menyebabkan keputihan berlebihan?

Hal kedua yang dapat anda lakukan adalah dengan cara menghindari penggunaan gel,antiseptik,sabun yang wangi,ataupun juga parfum yang terbuat dari bahan alkohol. Jadi pada intinya organ intim anda ataupun vagina anda memiliki sistem pembersihan dirinya sendiri dengan cara mengeluarkan sekret itu tadi. Jadi sekret tersebut akan keluar bersama sel-sel mati ataupun juga sel-sel yang tidak terpakai. Dengan begitu maka anda tidak perlu lagi menggunakan sabun ataupun juga deterjen atau bahkan antiseptik untuk membersihkannya. Jadi apabila anda ingin membersihkanyya maka cukup anda gunakan air dan anda lap dengan baik.

3. Memilih pakaian yang terbuat dari bahan katun

Apa yang menyebabkan keputihan berlebihan?

Tips ketiga yang dapat anda lakukan adalah dengan cara memilih pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun serta mempunya daya serap yang baik. Hal ini bertujuan jika terlalu basah didalam dan jika anda berkeringat, kemudian kain tersebut tidak dapat menyerap keringat sehingga akhirnya keadaan disana menjadi lebih lembab. Dengan keadaan yang lembap tersebut tentu akan menyebabkan mudahnya tumbuh jamur serta mudah tumbuh kuman. Kemudian juga bagi anda yang wanita harus mengganti pakaian dalam anda sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

4.Melakukan hubungan seksual dengan aman

Tips keempat yang dapat anda lakukan adalah dengan cara melakukan suatu hubungan seksual dengan aman. Jadi jika anda ingin melakukan suatu hubungan seksual maka lakukanlah hubungan seksual tersebut dengan pasangan anda masing-masing. Tentunya jangan sampai anda melakukan gonta-ganti pasangan apalagi bukan pasangan anda.

5. Melakukan pemeriksaan secara rutin

Apa yang menyebabkan keputihan berlebihan?

Tips kelima yang dapat anda lakukan adalah dengan cara melakukan pemeriksaan secara rutin. Jadi sangat dianjurkan sekali bagi anda semua yang sudah menikah. Biasanya pada usia 25 tahun dan juga seterusnya sebaiknya anda melakukan pemeriksaan secara rutin dan juga berkala. Rutin dan berkala disini dapat anda lakukan setiap 6 bulan sekali ataupun juga setiap tahun sekali. Ini bertujuan untuk mendeteksi secara dini apakah terjadi kanker dan apakah terjadi penyakit yang biasanya gejala-gejala tersebut tidak muncul.

6. Mengonsumsi makan-makanan yang bergizi

Apa yang menyebabkan keputihan berlebihan?

Langkah keenam yang dapat anda lakukan adalah dengan cara mengonsumsi makan-makanan yang bergizi tinggi setiap harinya. Tentunya makan-makanan yang mengandung karbohidrat,protein,lemak dan lain sebagainya yang merupakan bahan-bahan yang diperlukan oleh tubuh anda. Kemudian juga pada saat anda sedang menstruasi jangan lupa untuk selalu menggunakan pembalut yang baik dan nyaman.

7. Menggunakan pembalut yang terbuat dari bahan yang nyaman

Tips selanjutnya yang dapat anda praktikan adalah dengan cara menggunakan pembalut dari bahan yang nyaman. Hal ini bertujuan karena bahan yang lembut digunakan agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit anda. Kemudian juga kami sangat menyarankan agar anda tidak pelit dalam memilih suatu pembalut karena pada beberapa orang ada yang memakai pembalut dari pagi hingga siang dan tidak menggantinya sama sekali. Karena jika sudah seperti ini darah tadi merupakan suatu media pertumbuhan yang baik untuk kuman.

BACA JUGA:Waspada Nyeri Payudara untuk Anda Ketahui

Apa yang menyebabkan keputihan berlebihan?. Untuk itu jika anda ingin mengganti pemakaian pembalut anda maka tentu gantilah pemakaian pembalut tersebut setiap 3-4 jam sekali. Apalagi jika cuaca tersebut sedang panas maka dalam waktu 2-3 jam sekali anda harus segera mengganti pembalut anda. Untuk jangan terlalu pelit dalam menggunakan pembalut ini demi kesehatan organ vital anda.

Apa yang menyebabkan keputihan berlebihan?

Tips terakhir yang dapat anda lakukan untuk anda semua yang wanita rajin-rajinlah memeriksakan diri anda sendiri. Dan anda dapat menggunakan cermin supaya proses pengecekan dapat menjadi lebih mudah dilakukan. Jangan sampai justru anda memeriksakan teman anda bahkan juga pacar anda sekalipun maka dari itu anda harus memeriksakan diri anda sendiri.

Ketika anda menemukan tanda-tanda yang tidak normal segeralah kunjungi dokter kelamin anda agar dapat diperiksakan lebih lanjut. Itulah beberapa tips mengenai Apa yang menyebabkan keputihan berlebihan? serta beberapa cara mencegahnya agar bagi anda yang menderita keputihan dapat segera sembuh. Kemudian bagi anda yang tidak menderita keputihan tidak normal maka tentu anda dapat melakukan pencegahan dengan lebih dini.

Akhir kata yang dapat kami sampaikan untuk anda semua adalah jagalah kesehatan anda dengan baik. Kemudian jika anda merasa artikel yang kami berikan kali ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang disekitar anda. Agar mereka juga dapat merasakan manfaat yang anda rasakan daripada membaca artikel kali ini.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Message Us on WhatsApp