Apakah toilet jongkok lebih sehat?

Apakah toilet jongkok lebih sehat?

Apakah toilet jongkok lebih sehat?. Setiap kali anda ingin membuang kotoran pasti anda menggunakan wc baik wc jongkok atau wc duduk. Namun pernahkah anda bertanya-tanya manakah yang paling baik digunakan diantara keduanya?. Berikut adalah beberapa ulasan yang harus anda ketahui mengenai kedua jenis toilet tersebut.

1.Toilet jongkok lebih hiegenis

Hal yang membuat toilet jongkok lebih hiegenis dibadingkan dengan toilet duduk adalah karena toilet jongkok tidak bersentuhan dengan bokong kita. Berbeda dengan toilet duduk yang bersentuhan dengan kulit bokong anda sehingga membuatnya kurang hiegenis untuk digunakan apalagi jika jarang dibersihkan. Dengan begitu maka akan menyebabkan penumpukan kuman atau bakeri di dalam sana apalagi jika anda menggunakan toilet umum.

Apakah toilet jongkok lebih sehat?

Ketika anda pergi ke bandara misalnya tentu perlu anda perhatikann hiegenis atau tidaknya toilet tersebut. Kalau bandaranya sudah maju seperti bandara Singapore biasanya terdapat kertas alas diatasnya. Yaitu kertas disposable yang sekali pakai untuk sebagai alas toiletnya atau ada juga cairan pembersih toilet. Untuk itu dari segi hiegenisnya wc jongkok lebih hiegenis dibandingkan dengan wc duduk.

2. Lebih mudah,lebih cepat dan lebih tuntas dalam membuang kotoran.

Kelebihan yang kedua dari menggunakan toilet jongkok adalah anda lebih mudah untuk mengeluarkan sisa-sisa sampah metabolisme atau yang biasa kita sebut dengan tinja ataupun juga kotoran. Jadi otomatis secara penggunaan lebih cepat,lebih tuntas dan tentunya lebih aman jika dibandingkan dengan toilet duduk. Kalaus saja sisa tinja tetap tertinggal di dalam atau dengan kata lain mengalami stagnasi dan tidak bisa keluar dengan sepenuhnya maka dari hal itu akan menyebabkan penyakit. Seperti kanker usus,usus buntu,dan masalah-masalah usus lainnya.

Untuk itu baagi anda yang sering menggunakan toilet duduk cobalah cek waktunya berapa lama anda berada di dalanm kamar mandi ataupun toilet. Kemungkinan saja anda bisa mencapai 1 jam lamanya disana sambil membaca koran,main game dan bahkan mungkin membuat selfie. Jadi selain tidak baik buat kesehatan anda juga tidak baik bagi untuk anggota keluarga yang lain karena menunggu terlalu lama.

Apakah toilet jongkok lebih sehat?

BACA JUGA:Manfaat Omega 3 untuk Diketahui

3. Merelaksasi otot puborektalis.

Manfaat yang ketiga anda dapatkan dari pemakaian wc jongkok adalah dengan posisi seperti ini akan merelaksasi otot puborektalis sehingga dengan begitu rektum anda akan lebih mudah terbuka. Simpelnya adalah posisi usus ketika anda di posisi duduk agak sedikit berkelok berbeda dengan posisi jongkok. Pada posisi usus anda lurus sehingga dengan begitu akan memudahkan anda membuang air besar.

Apakah toilet jongkok lebih sehat?

4. Mengurangi mengenjan berlebihan

Apakah toilet jongkok lebih sehat?

Dengan menggunakan posisi jongkok sebenarnya anda menggunakan paha anda untuk mendukung usus besar. Karenan seperti yang kita ketahui jika kita terlalu lama mengejan di kamar mandi atau hal itu dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Contohnya saja anda dapat menderita hernia yaitu usus yang menurun. Jadi ada bagian organ yang turun atau melorot dari posisi asalnya yang biasa kita sebut juga dengan prolapse. Kemudian juga dapat terbentuk dari divertikulum atau dengan kata lain terbentuk kantung-kantung di dalam usus.

5. Pengobatan invasif bagi anda yang menderita wasir

Apakah toilet jongkok lebih sehat?

BACA JUGA:Cara Mencegah Rambut Ketombe untuk Diketahui

Selanjutnya yang kelima adalah bagi anda yang menderita wasir dengan anda melakukan posisi jongkok tadi maka ini adalah pengobatan non invasif untuk anda yang menderita wasir. Dan tentunya ini merupakan suatu hal yang sangat efektif dan efisien untuk dilakukan. Arti daripada non invasif itu sendiri adalah pengobatan yang dilakukan tanpa harus melakukan operasi ataua tindakan bedah lain sebagainya.

6. Mengurangi tekanan pada rahim

Kemudian manfaat terakhir yang didapatkan adalah mengurangi tekanan pada rahim bagi anda yang hamil. Jadi itulah beberapa keunggulan yang anda dapatkan jika anda menggunakan toilet jongkok. Kemudian beberapa kasus pada beberapa orang seperti orang tua atau orang-orang yang mengalami kegemukan biasanya mereka setelah meggunakan toilet jongkok susah bagun. Untuk mengatasi hal itu maka anda bisa menggunakan pegangan di kanan dan kiri untuk memudahkan anda bangun dari posisi jongkok.

Apakah toilet jongkok lebih sehat?

Atau pada mereka yang memiliki masalah dengan lutut dan biasanya mereka tidak bisa jongkok akibat nyeri itu tadi. Namun juga ada beberapa orang bertanya bagaimana jika mereka tidak memliki toilet jongkok dirumah. Nah jika begitu ada beberapa orang yang menyarankan untuk menaruh kursi atau meja untuk memposisikan tubuh anda seperti sedang jongkok. Anda bisa melihat gambarnya dibawah ini.

Apakah toilet jongkok lebih sehat?

Dengan anda melakukan posisi diatas tentu anda tetap bisa merasakan kenyamanan seperti layaknya posisi duduk tapi posisi anda sebenarnya jongkok. Dan sebenarnya hal ini bisa saja anda lakukan namun justru lebih baik jika dilakukan dengan posisi jongkok yang natural dibandingkan dengan menggunakan kursi tadi. Itulah beberapa penjelasan mengenai posisi mana yang lebih baik anda lakukan apakah posisi jongkok ataupun posisi duduk. Itulah beberapa fakta yang harus anda ketahui ketika anda menggunakan posisi jongkok ketika ingin membuang air besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Message Us on WhatsApp