Diet Keto Apakah Aman untuk Dilakukan?

Diet Keto Apakah Aman untuk Dilakukan?

Diet Keto Apakah Aman untuk Dilakukan?. Banyak orang yang mengatakan bahwa dengan melakukan diet keto maka tentunya berat badan kita akan cepat berkurang dan intinya adalah dengan kita melakukan diet keto maka tentu kita akan menjadi lebih sehat. Namun apakah itu benar?. Untuk itu mari kita lihat dulu apa pengertian dari diet keto itu sendiri. Diet keto adalah suatu jenis diet yang dilakukan dengan cara menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Dan juga diet ini sangat mirip dengan diet atkins atau diet yang dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi karbohidrat.

Di masyarakat luas,diet keto ini juga terbilang sangat populer untuk menurunkan berat badan namun juga penuh dengan kontroversial. Untuk itu bagi anda yang ingin melakukan diet keto anda juga harus mencari literatur yang tepat. Serta mencari pendamping yang ahli dalam bidang ini. Prinsip yang terdapat dalam diet keto adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dengan tujuan agar tubuh kita sampai kepada kondisi ketosis.

Dalam kondisi tersebut tubuh akan membakar lemak sebagai cadangan energi atau sebagai sumber energi. Lemak ini nantinya akan diubah menjadi keton oleh hati sehingga dapat memberikan suplai energi untuk tubuh kita. Jadi suplai energi ini bukan berasal dari karbohidrat melainkan lemak yang diubah menjadi keton untuk dijadikan sumber energi.

BACA JUGA:Apakah Jus itu Sehat bagi Tubuh Kita?

Fakta Diet Keto

Ketosis ini sendiri merupakan kondisi ringanĀ  dari ketoasidosis yaitu kondisi yang berbahaya yang terjadi pada penderita diabetes tipe 1. Meski terdapat pro dan kontra mengenai diet ini,beberapa studi menyebutkan bahwa diet ini cukup aman untuk dilakukan. Asalkan anda berada di bawah pengawasan mereka yang ahil dalam bidang diet ini. Tentu saja anda juga harus mengkikuti aturan-aturan yang diberikan. Hingga kini manfaat dan pengaruh diet keto ini sendiri masih terus dieliti.

Faktanya sebelum diet ini digunakan untuk menurunkan berat badan,sebenarnya diet keto ini diperuntukkan bagi mereka yang mengalami epilepsi. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat anda ketahui mengenai diet keto ini:

1.Dapat mengontrol gula darah bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2

Diet Keto Apakah Aman untuk Dilakukan?. Hal ini terjadi karena mereka yang melakukan diet keto ini sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Namun tentu saja sumber lemak yang didapat adalah sumber lemak baik contohnya seperti salmon,alpukat dan lain sebagainya. Untuk itu bagi anda yang menderita diabetes mengurangii jumlah karbohidrat tentu saja menandakan anda mengurangi jumlah asupan gula. Juga perlu diingat bagi anda penderita diabetes yang ingin melakukan diet keto ini agar berkonsultasi dulu kepada dokter maupun ahlinya.

Terutama untuk pengukuran gula darah dan untuk itu anda harus mengontrol gula darah anda jangan sampai gula darah anda menjadi drop atau terlalu turun. Karena apabila gula darah anda drop maka tentu tidak baik buat kesehtan anda nantinya. Apabila terlau drop atau disebut juga hipoglikemi maka dapat mengakibatkan anda jatuh koma.

Jangan lupa untuk melakukan pengujian keton untuk mencegah terjadinya ketoacidosis. Jadi memang anda benar-benar harus dalam pengawasan dokter.

2.Meringankan gejala epilepsi

Pada awalnya diet keto ini ditemukan pada tahun 1920 oleh para peneliti “John Hopkins Medical Center’. Jadi tim ahli mereka menemukan cara bagi pasien epilepsi dengan cara berpuasa dan hasilnya adalah positif. Yaitu meringankan atau mengurangi kejang,kemudian dapat memperbaiki gula darah serta juga dapat menjaga kesehatan mereka.

Namun berpuasa dengan jangka waktu yang lama juga tidak baik untuk dilakukan sehingga akhirnya dikembangkanlah diet keto ini. Sehingga yang dulu awalnya berpuasa akhirnya dimasukan makanan. Yaitu dengan cara makan-makanan yang tinggi lemak dengan tujuan untuk menipu otak seolah-olah sedang berpuasa karena tubuh kita tidak mendapat asupan gula yang tinggi dari karbohidrat.

Dan disini beberapa pendapat juga mengatakan bahwa diet keto ini dapat mengurangi resiko terjadinya gangguan sistem syaraf seperti contohnya Alzheimer,parkinson,gangguan tidur dan sebagainya. Untuk itu sangat diharapakan agar kita tetap mengikuti perkembangan demi kebaikan kita bersama. Dan disini juga ada beberapa cara dalam melakukan diet keto:

1.Standar ketogenic Diet

BACA JUGA:Apakah berkeringat bisa membakar lemak efektif?

Standar Ketogenic ini merupakan jenis diet keto yang standar. Dimana kita mengonsumsi 75% lemak,20%protein dan 5%karbohidrat.

2.High protein ketoge

Yaitu diet keto yang mana kita mengonsumsi 60%lemak,35%protein dan 5%karbohidrat. Sesuai dengan namanya,diet keto jenis ini mengonsumsi protein yang lebh bnyak dibadingkan dengan sebelumnya

Dibalik manfaat-manfaat yang didapat selama kita melakukan diet keto,ternyata ada juga kekurangannya.. Salah satunya adalah kekurangan akan vitamin dan mineral yang berasalh dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Kemudian juga bagi anda yang ingin melakuakn diet keto tinggi protein agar melakukannya dengan adanya pengawasan. Karena jika anda kelebihan protein maka bisa menyebabkan anda overdose protein sehingga membebani kerja ginjal anda.

 

 

 

 

[contact-form][contact-field label=”Name” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Email” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Website” type=”url” /][contact-field label=”Message” type=”textarea” /][/contact-form]

 

tentu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *