Efek Tubuh Kekurangan Tidur untuk Diketahui

Efek Tubuh Kekurangan Tidur untuk Diketahui

Efek Tubuh Kekurangan Tidur untuk Diketahui

Efek Tubuh Kekurangan Tidur untuk Diketahui. Bahaya kekurangan tidur pertama kita jumpai adalah terhadap hormon tubuh kita terutama juga pada hormon seks kita. Jadi pada pria,pria dewasa yang tidurnya hanya 4-5 jam secara rutin setiap hari itu akan mengalami kadar penurunan level testosteron. Pria yang hanya tidur 4-5 jam setiap harinya itu kadar atau level testosteronnya setara dengan seniornya yang 10 tahun lebih tua. Dan ini juga berlaku bagi anda yang wanita. Untuk itu bagi anda yang masih berusia remaja ataupun bagi anda yang masih anak-anak sebaiknya anda tidur cukup setiap harinya. Karena pada usia anda adalah masa-masa pertumbuhan anda tentunya.

BACA JUGA: Jus untuk segala penyakit untuk diketahui

Untuk itu sebaiknya ada cukup tidur pada malam harinya yaitu dengan tidur 7-8 jam setiap harinya karena juga mempengaruhi horomon pertumbuhan anda nantinya. Kemudian yang kedua adalah kurang tidur pada sistem kardiovaskular dan pada kardiovaskular itu sendiri kita membahas tentang kesehatan jantung dan juga pembuluh darah kita. Jadi kardio itu sendiri adalah jantung vaskular pembuluh darah.

Kalau anda menonton video TED dengan judul sleep is  your super power dilakukan 2 eksperimen yan dilakukan 2 kali dalam 1 tahun. Dan eksperimen ini dilakukan di lebih dari 70 negrara kemudian kurang lebih 1,6milyar orang. Selanjutnya disana terdapat dua musinm yaitu musim semi dan juga musim gugur dimana tidur seseorang akan berkurang 1 jam pada musim semi  dan ini dikaitkan dengan risiko terkenan pernyakit jantung. Kemudian juga terjadi peningkatan serangan jantug sebanyak 24% .

Perbandingan mereka yang cukup tidur dan tidak cukup tidur

Efek Tubuh Kekurangan Tidur untuk Diketahui. Dan sebaliknya di musim gugur mereka mendapatkan lagi 1 jam tidurnya sehingga tidak lagi berkurang dan kemudian juga serangan jantung menjadi menurun sekitar 21%. Jadi bisa disimpulkan bahwa pada musim semi srangan jantung meningkat sebanyak 24% dan pada musism gugur menurun sebesar 21%.  Dikaitkan dengan kasus yang sama atau bisa juga dibilang mirip angka terjadinya kecelakaan mobil,kecelakaan lalu lintas serta kasus buh diri pada musim semi.Dan kemudian kembali menurun pada musim gugur.

Nah selanjutnya mari kita membahahs kurang tidur dan dampaknya pada sistem imun tubuh kita. Jadi di dalam sistem imun kita terdapat yang namanya NK CELL. NK CELL ini merupakan agen rahasia pada tubuh kita yang dimanan tugasnya adalah mengidentifikasi zat-zat yang berbahaya pada tubuh kita. Atau zat-zat yang  tidak diinginkan pada tubuh kita. Sesuai dengan namanya Nature Killer Cell dan tugas sebenarnya adalah mengeliminasi zat-zat atau sel tumor kanker. Jadi bisa dibilang tubuh kita mempunyai kemampuan atau mempunyai tentara untuk membunuh sel-sel kanker tadi tentunya.

Namun jika anda kurang tidur maka akan berdampak sistem imun tubuh kita terhadap NK CELL ini. Jadi pada orang yang tidurnya hanya 4 jam sehari meskipun hanya satu malam saja terjadi pengurangan akifitas NK Cell itu tadi sebanyak 70%. Mungkin beberapa kita menggangap bahwa pengurangan aktifias NK Cell tadi hanya 10 atau 2o persen saja mungkin. Padahal kenyataanya bisa mencapai angka 70% dan itu adalah angka yang sangat besar sekali tentunya. Dari sini kita mendapat benang merahnya bahwa mereka yang tidurnya tidak cukup akan terkena kanker lebih besar dibadingkan dengan mereka yang tidur cukup.

Penelitian yang dilakukan oleh WHO

Efek Tubuh Kekurangan Tidur untuk Diketahui. Kurang tidur meruapakan salah satu faktor resiko dan pada kenyataanya selalu dianggap remeh mungkin karena mereka terlalu stres dan lain-lain. Dan WHO atau organisasi kesehatan dunia juga telah mengklarifikasi pekerjaan yang shift malam sebagai karsinogen atau sebagai kemungkinan karsinogen. Selanjutnya juga kurang tidur dapat mengikis jalan kehidupan biologis itu sendiri yaitu kode genetik DNA. Jadi ada sebuah penelitian yang mengambil sekelompok orang dewasa yang sehat selama 1 minggu. Dan terdapat dua temuan besar disana yang pertama 711  gen mengalami distorsi atau gangguan yang cukup besar dalam aktifitasnya akibat kurang tidur itu sendiri.

Kemudian juga yang kedua separuh dari gen tadi itu aktifitasnya meningkat dan separuhnya lagi aktifitasnya menurun. Nah gen-gen yang aktifitasnya menurun karena kurang tidur adalah gen-gen yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh. Kemudian juga yang meningkat adalah gen-gen yang terkait dengan promosi tumor. Selain itu juga ada gen yang berkaitan dengan stress dan konsekuesinya adalah penyakit kardiovaskular.

BACA JUGA:Cara Mencegah Rambut Ketombe untuk Diketahui

Itulah beberapa fakta yang dapat anda ketahui mengenai akibat seseorang yang kurang tidur dan mudah-mudahan dengan adanya informasi ini dapat membuat anda menjadi lebih sadar akan pentingnya istirahat yang cukup. Dan mudah-mudahan informasi ini dapat anda pahami dan juga tentunya dapat anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari anda. Kemudian jangan lupa untuk share artikel ini jika artikel ini bermanfaat buat anda semua tentuya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *