Gangguan Kesehatan Wanita Menopause

Gangguan Kesehatan Wanita Menopause

Gangguan Kesehatan Wanita Menopause

Gangguan Kesehatan Wanita Menopause. Pada artikel kali ini kita akan membahas gangguan atau resiko apa saja yang muncul pada saat seorang wanita mengalami menopause. Dan mungkin banyak sekali wanita atau perempuan yang datang ke dokter dengan keluhan ketika mereka sudah memasuki usia tua. Sebenarnya mereka tidak dapat haid lagi namun justru mereka mencari cara agar mereka dapat haid kembali. Kemudian yang perlu ditakutkan disini adalah resiko-resiko yang terjadi setelah anda memasuki masa-masa menopause. Berikut adalah beberapa resiko yang ditimbulkan setelah wanita memasuki masa-masa menopause:

BACA JUGA:Siklus Menstruasi Wanita yang Harus Anda Ketahui

1. Dampak pada pembuluh darah

Gangguan Kesehatan Wanita Menopause

Dampak pada pembuluh darah merupakan salah satu resiko yang pertama. Jika terkena dampak ini maka anda akan memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami serangan stroke dan juga penyakit jantung koroner. Dan bahkan resiko ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pria yang usianya sama dengan anda. Selanjutnya gangguan lainnya yang perlu anda waspadai adalah gejala demensia dimana gejala ini akan menganggu kehidupan anda sehari-harinya dan ditandai dengan sering lupa pada awalnya. Jadi ketika anda baru saja menaruh suatu barang namun akhirnya justru anda lupa dimana lokasi anda menaruhnya.

Dan pesan kami untuk anda yang masih anak-anak maupun anda yang masih remaja,ketika orang tua anda mengalami hal demikian harap anda maklumi dan kemudian anda konsultasikan kepada dokter anda.

2. Gangguan tulang

Gangguan Kesehatan Wanita Menopause

Hal lainnya adalah gangguan pada tulang atau yang biasa kita sebut juga dengan osteoporosis. Jadi bagi anda para wanita yang sudah memasuki masa menopause harap berhati-hatilah terhadap gejala yang satu ini. Karena ketika anda menglami osteoprosis,ketika anda jatuh sakit,tulang anda akan mudah retak atau bahkan bisa mengalami kelumpuhan.

3. Gangguan hormonal

Gangguan Kesehatan Wanita Menopause

Jadi selain beberapa gangguan tadi juga sering dijumpai gangguan hormonal. Yang sering dijumpai adalah gangguan pada kadar gula darah atau yang bisa kita sebut juga dengan diabetes melitus. Dan juga gangguan pada hormon-hormon tertentu misalnya saja gangguan pada hormon tiroid atau yang bisa kita sebut juga dengan hipertiroid. Sekali lagi untuk yang sedang mengalami masa menopause sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter anda apabila mendapati gejala-gejala diatas.

Kemudian pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana caranya meminimalisir gangguan-gangguan kesehatan tadi. Berdasarkan literatur yang diambil dari Dr.Sung SB30 Health menyebutkan bahwa gaya hiduplah yang berperan sangat penting ketika memasuki masa menopause. Dan salah satu literatur tersebut menyebutkan bahwa anda harus banyak melakukan olahraga.

BACA JUGA:7 tips mengatasi stress dan depresi

1. Olahraga

Gangguan Kesehatan Wanita Menopause

Gangguan Kesehatan Wanita Menopause. Jadi sebaiknya anda melakukan olahraga 4-5 kali dalam seminggu dalam waktu minimal 30 menit dan jika sudah terbiasa bisa sampai dengan 1 jam. Dan olahraga yang baik untuk dilakukan bagi anda yang sedang mengalami masa menopause adalah olahraga aerobik. Kemudian beberapa referensi dari Dr.Sung menyebutkan untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan olahraga “High Impact”. Atau disebut juga dengan olahraga yang banyak sekali melakukan lompatan seperti lompat tadi dan sebgaianya untuk mencegah cedera pada sendi dan tulang anda.

Jadi sebagai gantinya anda boleh melakukan olahraga seperti berjalan,bersepeda ataupun olahraga renang. Dan untuk anda yang suka melakukan senam maka anda boleh melakukan senam seperti yoga,Tai Chi dan sebagainya. Dan yang terpentig disini adalah anda melakukan olahraga dengan kesadaran anda bukan arena terpaksaan. Jadi anda sadar mencintai diri anda sendiri sehingga anda mau melakukan olahraga.

2. Cermati hal yang anda alami dan  makanlah makanan bergizi

Gangguan Kesehatan Wanita Menopause

Kemdian hal kedua yang perlu anda lakukan adalah dengan cara mencermati semua keluahan yang anda alami dan janganlah anda terburu-buru untuk membeli obat. Dan anda harus segera mengkonsultasikan diri kepada dokter anda tentunya. Jadi disini maksud saya adalah misalkan anda mengalami  gangguan pencernaan seperti kembung atau justru lambung anda tidak enak. Atau anda mengalami anyang-anyangan seperti sering bolak-balik ke kamar mandi serta iritasi pada kantung kemih.

Jangan sampai anda sembarangan membeli antibitokik diluar sana tanpa anda berkonsultasi lebih dahulu. Jadi yang perlu anda lakukan adalah dengan cara mengamati atau mencermati pola makan anda. Misalnya anda mengurangi makan-makanan yang pedas dan juga berminyak tentunya sehingga dengan begitu lambung anda akan aman. Banyak sekali perempuan yang tidak sadar kalau sistem pencernaan mereka sudah tidak sanggup lagi untuk menerima makan-makanan yang berminyak dan juga pedas ketika memasuki masa menopause.

Sebenarnya anda boleh makan-makannan yang pedas dan berminyak asalkan dalam kadar yang cukup. Dan anda juga harus memenuhi gizi lainnya seperti karbohidrat,protein,sayur-sayuran dan buah-buahan yang cukup juga. Tetapi anda jangan banyak sekali makan-makanan yang digoreng,memakai santan dan lain sebagainya. Mungkin anda bisa kukus ataupun anda tumis dengan sedikit minyak karena itu jauh lebih baik untul kesehatan pencernaan anda. Karena ingat sistem pencernaan anda tidak seperti waktu anda muda dulu lagi.

Kemudian juga di zaman sekarang sudah banyak sekali wanita yang merokok dan dengan merokok dapat meningkatkan gejala terjadi pada masa menopause tadi. Mungkin saja anda tidak merokok namun justru orang-orang disekitar anda yang merokok. Untuk itu anda juga harus memperhatikan hal itu juga meskipun anda juga tidak merokok sama sekali.

3. Hindari alkohol dan obat-obatan terlarang lainnya

Gangguan Kesehatan Wanita Menopause

Kemudian hindari juga kebiasaan minum alkohol dan obat-obatan lainnya yang sebenarnya tidak  perlu anda konsumsi sama sekali. Karena tubuh wanita sangat rentan atau sangat sensitif ketika masuk fase atau tahap menopause ini. Kemudian juga hindari kebiasaan tidur tidak tepat waktu atau anda memiliki pola tidur yang kacau sekali. Mungkin saja beberapa dari anda mengalami gejala sehingga dengan begitu anda tidak bisa tidur sama sekali.

Dan itu wajar saja terjadi karena itu adalah salah satu gejala ketika anda memasuki fase menopause. Tetapi anda bisa mensiasatinya dengan cara mengatur pola tidur anda. Seperti contohnya yang pertama adalah dengan cara menentukan jam berapa anda ingin tidur,kemudian juga hindari menonton televisi,bermain hp dan lampu yang terlalu terang. Karena dengan adanya cahaya-cahaya ini akan membuat anda tidur lebih lama lagi tentunya.

Kemudian ada lagi yang perlu anda perhatikan terutama anda yang pecinta teh atau anda yang pecinta kopi. Jadi biasakanlah untuk tidak lagi mengonsumsi teh ataupun kopi sebelum jam tidur anda karena ketika anda mengalami masa menopause, gejala insomnia ini juga pasti akan terjadi. Apalagi ditambah lagi dengan anda yang suka mengonsumsi teh dan kopi sebelum jam tidur anda.

 

Namun jika anda ingin mengonsumsi teh ataupun kopi anda dapat mengonsumsinya jauh sebelum jam tidur anda. Dan kemudian juga perhatikan jumlah kopi yang anda minum jangan sampai kopi yang anda minum kebanyakan. Jadi itu semua adalah gangguan kesehatan pada wanita yang memasuki masa menopause serta juga beberapa cara mencegahnya. Pesan terakhir yang ingin kami sampaikan untuk anda semua adalah lakukanlah hal-hal yang baik untuk diri anda sendiri dan bukan hanya karena keterpaksaan. Tetapi karena anda mencintai diri anda sendiri dan itu akan lebih bagus dampaknya ketimbang jika dipaksakan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *