Gejala Cacar Air dan Penyebab Cacar Air

Gejala Cacar Air dan Penyebab Cacar Air

Gejala Cacar Air dan Penyebab Cacar Air. Berikut adalah beberapa informasi yang dapat anda ketahui mengenai penyakit cacar air,Gejala Cacar Air dan Penyebab Cacar Air ,dan cara menyembuhkan cacar air. Di dunia medis sendiri cacar air ini disebut juga dengan varicella dan penyebabnya adalah varicella zoster atau disebut juga dengan chicken pox. Biasanya orang-orang yang terkena cacar akan mengalami tanda-tanda seperti muncul ruam-ruam merah pada kulit,dan gelembung-gelembung yang berisi dengan cairan. Dan mereka yang enderita cacar air ini akan mengalami gejala-gejala seperti demam tinggi di atas 38 derajat celcius. Kemudian tanda tanda cacar air lainnya dapat seperti susah bernapas,batuk,bagian tubuh yang terkenan ruam akan terlihat bengkak dan sakit.

         

Ruam menyebar hingga ke daerah di sekitar mata,ruam mengeluarkan cairan putih,sakit kepala, dan mata hipersensitif terhadap cahaya yang terang. Ciri ciri penyakit cacar air lainnya adalah badan mengalami lesu,susah bangun dari tempat tidur,leher terasa kaku,bahkan ada orang yang sampai mengalami mual dan muntah berkali-kali. Ruam pada pengidap cacar akan biasanya akan mengalami 3 tahapan dan yang pertama biasa ditandai dengan muncul bentol-bentol terlebih dahulu pada kulit dan timbul rasa gatal pada kulit.

               

Dan pada tahap kedua ruam tersebut akan mulai benjol dan terisi dengan cairan yang juga menimbulkan rasa gatal. Kemudian pada tahapan ketiga bintil-bintil tersebut akan pecah dengan sendirinya dan akan membentuk koreng sehingga koreng tersebut akan mengelupas dengan sendirinya. Dan hal ini juga membuthkan waktu hingga 7-14 hari lamanya. Namun juga perlu anda ingat bahwa tidak semua  bintil-bintil tersebut akan mengalami proses yang sama pada waktunya. Jadi ada sebagian bintil yang justru duluan pecah, ada lagi yang menjadi koreng dan beberapa lagi justru akan menyusul untuk menjadi pecah dan berubah menjadi koreng.

BACA JUGA: Penyakit asma dan beberapa pedomannya

Mekanisme penularan cacar air

Untuk mekanisme penularan cacar air ini sendiri 1-2 hari sebelum bintik-bintik tersebut keluar maka orang tersebut sudah bisa menularkan virusnya. Cara penularan virus ini sendiri adalah secara airbone dan ketika orang tersebut batuk ataupun juga bersin,berjabat tangan,ataupun juga tersentuh bagian cacarnya maka hal ini dapat menularkan virus tersebut tentunya. Karena itulah sangat disarankan bagi mereka yang menderita cacar agar sebaiknya beristirahat di rumah atau kita sebut jug dengan isolasi.

Untuk itu bagi anda yang sedang bersekolah sebaiknya anda meminta izin terlebih dahulu untuk libur dari sekolah anda agar tidak menularkan virus tersebut kepada teman-teman disekitar anda semua. Dan ini berlaku juga bagi anda yang sudah bekerja dan anda menderita penyakit cacar air maka sebaiknya anda mengalami cuti terlebih dahulu sampai keadaan anda sudah membaik. Jadi ketika bintil terakhir muncul maka mundur lagi selama 1 minggu lamanya. Karena pada  rentang waktu tersebut anda masih bisa menularkan virus.

Cara mengobati Gejala Cacar Air dan Penyebab Cacar Air yang dapat anda ketahui

Kemudian kita lanjut ke cara mengobati cacar air agar cepat kering dan hilang dan  cara cepat menghilangkan cacar air ini seperti apa. Kalau untuk masalah obat apa yang harus anda konsumsi maka sebenarnya tidak ada obat khusus karena penyakit ini ditimbulkan oleh adanya virus. Nah untuk itu hal yang dapat anda lakukan adalah dengan cara cukup mengonsumsi makan-makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda tentunya. Selain itu juga anda dapat menambahkan vitamin seperti vitamin imunomodulator dan juga vitamin seperti vitamin C. Kemudian juga anda harus beristirahat yang cukup dan anda juga bisa menambahkan paracetamol untuk menurunkan demam atau panas anda.

     

Nah untuk itu jika suhu tubuh anda panas maka sebaiknya anda mengonsumsi paracetamol atau jika terlalu parah maka anda dapat mengunjungi rumah sakit untuk mendapat perawatan lebih lanjut. Biasanya pada mereka yang gejalanya sudah parah mereka tidak lagi mempunyai nafsu makan bahkan juga sampai mengalami dehidrasi,muntah-muntah dan badan mereka semua terasa sakit. Nah jika anda sudah mengalami hal yang demikian maka tentu harus segera dibawa kerumah sakit karena takut nanti akan terjadi komplikasi.

Selanjutnya juga ada beberapa pertanyaan mengenai penyakit cacar air ini berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan bagi mereka yang menderita cacar atau merek yang belum terkena cacar ini.

1. Jika sudah terkena cacar apakah justru tubuh saya akan menjadi kebal terhadap cacar selama seumur hidup?

Nah untuk pertanyaan tersebut jawabanny adalah ketika anda terinfeksi virus penyebab cacar tadi atau yang disebut dengan chicken pox maka yang muncul pertama kali adalah anda terkena cacar air. Namun ketika justru anda sembuh dari cacar tersebut maka virus tersebut tidak sepenuhnya hilang dari tubuh anda. Virus tersebut akan tetap bertahan pada syaraf anda atau yang kita sebut juga dengan dormant. Atau dengan kata lain disebut juga sebagai virus tidur. Tetapi ketika suatu saat misalkan anda sudah berumur atau sudah dewasa nanti ketika daya tahan tubuh anda lemah maka virus ini bisa bangun lagi. Dan ketika suatu saat misalkan anda sudah berumur atau sudah dewasa nanti ketika daya tahan tubuh anda melemah maka virus ini bisa saja bangun lagi. Tetapi tentu buka berupa cacar air namun cacar api yang kita sebut juga dengan herpes zoster.

2. Cara agar terhindar atau tidak terkena penyakit cacar air ini ?

Cara pertama yang dapat anda lakukan dengan cara melakukan vaksinasi dan sejak kecil di Indonesia sendiri vaksin cacar ini sangat diwajibkan. Nah jadi untuk itu sejak kecil anda harus mendapatkan vaksin virus tersebut. Dan bagi anda yang sedang menderita cacar air sebaiknya anda berdiam diri saja dirumah. Jika apabila anda sudah sembuh barulah anda bisa jalan-jalan. Tentu hal ini dilakukan agar tidak menulari orang-orang lain yang berada di sekitar anda.

3. Apakah saat cacar saya boleh mandi ?

Mungkin beberapa dari orang tua banyak yang melarang anaknya untuk mandi jika anak mereka sedang menderita cacar. Namun justru sebenarnya anda harus membersihkan kulit anda. Mungkin bagi anda yang takut mandi maka anda bisa menyeka tubuh anda dengan baik. Dan tentu anda juga harus berhati-hati dalam membersihkan kulit anda jangan sampai terlalu kasar dalam membersihkannya. Terutama sekali bagi anda yang kukunya panjang dan kotor agar segera memotong kuku anda agar tidak melukai bagian yang gatal tadi tentunya.  Takutnya yang akan terjadi adalah infeksi sekunder sehingga pada akhirnya bakteri tersebut masuk dan memperparah penyakit anda.

Itulah beberapa informasi mengenai Gejala Cacar Air dan Penyebab Cacar Air yang dapat anda ketahui dan jika anda menyukai artikel kali ini jangan lupa untuk membagikan kepada orang-orang disekitar anda tentunya. Tentunya agar mereka dapat mencegah dan menyembuhkan diri mereka dari penyakit cacar ini sehingga bisa beraktfitas secara lebih produktif lagi tentunya.

BACA JUGA: Penyebab Lidah Putih yang Harus anda Ketahui.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Message Us on WhatsApp