Hernia Itu Apa dan Penyebabnya?

Hernia Itu Apa dan Penyebabnya

Hernia Itu Apa dan Penyebabnya?

Hernia Itu Apa dan Penyebabnya?. Apa itu hernia dan apa yang justru menyebabkan seseorang terserang hernia?. Namun sebelum kita membahas topik pada artikel kali ini pernahkah anda mendengar nasehat-nasehat dari orang tua anda atau dari orang terdekat anda misalnya. Untuk tidak mengangkat beban berat atau juga tidak melakukan loncat-loncat karena akan menyebabkan hernia. Nah hernia ini sendiri merupakan kondisi dimana organ dalam tubuh mencuat atau keluar sebagian dari otot atau jaringan ikat di sekitarnya yang mengalami kelemahan. Organ yang biasanya akan keluar atau mengalami hernia ini adalah usus. Berikut adalah beberapa penyebab daripada penyakit hernia ini:

 

1.Lemahnya dinding otot

Penyebab Hernia yang pertama disebabkan oleh lemahnya dinding otot yang berfungsi sebagai penahan organ tadi. Hal ini bisa disebabkan karena usia tua,kemudian bawaan lahir,terutama pada daerah umbilikus dan diagfragma. Kemudian gejala hernia bagi mereka yang menderita penyakit tertentu seperti batuk kronis,kemudian juga diabetes serta penyakit-penyakit lainnya.

Hernia Itu Apa dan Penyebabnya?      Hernia Itu Apa dan Penyebabnya?

2. Tekanan yang terlalu besar

Hernia Itu Apa dan Penyebabnya?

Penyebab yang kedua disebabkan oleh adanya tekanan yang terlalu besar dan biasanya tekanan di dalam intra abdominal. Yang menyebabkan tekanan ini menjadi terlalu besar adalah terdiri dari berbagai macam faktor. Faktor-faktor tersebut dapat seperti mengangkat beban yang terlalu berat dan karena mengangkat beban yang beratlah sehingga akhirnya menimbulkan tekanan yang besar. Untuk anda yang susah mengejan buang air besar juga dapat menimbulkan tekanan yang besar di dalam perut anda.

3. Kondisi kehamilan

Penyebab yang ketiga adalah hernia pada wanita karena seseorang wanita tersebut sedang berada dalam kondisi kehamilan. Jadi dengan begitu maka wanita yang sedang hamil juga memiliki resiko yang besar untuk menderita hernia.

4. Penumpukan cairan di dalam rongga perut

Selanjutnya  ciri -ciri hernia yang keempat adalah karenan adanya penumpukan cairan di dalam rongga perut.

5. Terjadi peningkatan berat badan secara drastis

Hernia Itu Apa dan Penyebabnya?

Peningkatan berat badan secara drastis juga menjadi faktor yang menyebabkan hernia. Dan penyebab yang terakhir adalah karena adanya kondisi penyakit tertentu seperti batuk-batuk dan juga bersin-bersin dalam jangka panjang. Ketika anda batuk dan bersin maka terjadi peningkatan di dalam tubuh anda terutama di dalam organ intra abdominal.

Untuk gejala-gejala yang ditimbulkan dari hernia ini sendiri berbeda-beda tergantung lokasi kejadiannya dimana. Biasanya di lipatan paha mereka yang terkena hernia terdapat sebuah benjolan. Nah ketika mereka mengangkat beban,tertawa,batuk,maka tentu benjolan tersebut akan keluar dan ketika mereka tidur atau istirahat maka benjolan tersebut akan kembali seperti semula. Dan biasanya tidak akan terasa sakit kecuali benjolan yang keluar tadi tentu akan merasa sakit karena jumlahnya besar sehingga terjepit.Itulah beberapa bahaya hernia dan penyebab dari hernia itu sendiri yang dapat anda ketahui.

BACA JUGA: Sering Kentut Apakah Sehat?

Hernia Itu Apa dan Penyebabnya?. Selanjutnya kita akan membahas jenis-jenis hernia yang perlu anda ketahui juga. Berikut adalah beberapa jenis hernia yang perlu anda ketahui saat ini juga tentunya.

1.Hernia Inguinal

Hernia Itu Apa dan Penyebabnya?

Hernia yang pertama adalah Hernia Inguinalis dan hernia ini merupakan gejala hernia pada pria dimana usus dan jaringan lemak mencuat ke selangkangan. Dan hernia jenis ini merupakan hernia yang paling sering terjadi bagi penderita hernia. Dan biasanya mayoritas penderita hernia jenis adalah para pria.

2.Hernia Femoralis

Hernia Itu Apa dan Penyebabnya?

Hernia Femoralis ini merupakan jenis hernia yang dimana kondisi jaringan lemak dan sebagian usus mencuat ke bagian paha. Dan berbeda dengan Hernia Inguinalis yang mana mayoritas penderitanya adalah pria. Mayoritas penderita Hernia Femoralis adalah mereka yang berkelamin wanita.

3.Hernia Umbilikus

Hernia Itu Apa dan Penyebabnya?

Lalu yang ketiga ada yang namanya Hernia Umbilikus dan hernia umbilikus ini terjadi ketika sebagian lemak dan jaringan usus mencuat ke bagian dinding depan perut yaitu pada bagian umbilikus. Dan biasanya hal ini terjadi pada bayi yang berusia dibawah 6 bulan dimana lubangnya belum tertutup secara sempurna.

4.Hernia Hiatus

Hernia Itu Apa dan Penyebabnya?

Hernia Hiatus ini terjadi dimana sebagian dari lambung mencuat ke dalam rongga dada sehingga melalui diafragma dan sering disebut juga sebagai hernia diafragma. Seperti yang kita ketahui juga bahwa di tubuh kita ini ada batasan antara rongga perut dan juga rongga dada oleh diafragma. Jadi pada kondisi Hernia Hiatus ini sebagian dari lambung kita masuk ke dalam rongga dada melalui diafragma itu tadi.

5.Henria Insisional

Selanjutnya juga ada hernia yang bernama Hernia Insisional yang terjadi ketika organ usus atau sebagian jaringan lemak keluar dari bekas luka operasi. Untuk itu sangat disarankan sekali agar anda mengonsumsi banyak makan-makanan bergizi . Dengan tujuan agar luka anda dapat sembuh dengan lebih baik tentunya. Selain hernia yang telah kami sebutkan diatas ada lagi beberapa jenis hernia lainnya seperti hernia epigastrik,hernia spigelian,dan juga ada yang namanya hernia diafragma. Dan prisnsip daripada hernia-hernia tersebut adalah sama sehingga kami tidak menjelaskannnya kembali.

Itulah beberapa jenis hernia yang dapat anda ketahui dan selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara mengobati hernia agar anda tidak terkena penyakit ini. Dan kami mengambil beberapa tips yang kami dapatkan dari Dr. Sung.

1.Jaga berat badan anda

Hernia Itu Apa dan Penyebabnya?

Tips pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan cara menjaga berat tubuh anda atau berat badan anda semua. Jadi untuk anda yang overweight anda dapat mengurangi porsi makan anda tentunya.

2.Kontsipasi

Hernia Itu Apa dan Penyebabnya?

Tips kedua adalah bagi anda yang memiliki masalah konstipasi agar segera dapat anda perbaiki dengan cara mengonsumsi banyak sayur-sayuran dan buah-buahan untuk mengobati konstispasi anda. Dan selanjutnya juga anda harus minum banyak air putih dan dosis air putih setiap orang berbeda-beda. Anda dapat mengetahui dosis air putih yang anda butuhkan dengan cara mengalikan berat badan anda dengan 40cc.

3.Hindari mengangkat beban yang berlebihan

Hernia Itu Apa dan Penyebabnya?

Nah yang ketiga adalah anda harus menghindari mengangkat beban yang berlebihan di luar kemampuan anda. Untuk itu jangan sampai anda memaksakan diri anda untuk mengangkat bebdan yang berat di luar kemampuan anda. Karena jika anda melakukan hal tersebut akan memperbesar kemungkinan terjadinya hernia.

4.Penyakit kronis

Hernia Itu Apa dan Penyebabnya?

Tips yang keempat ditujukan bagi anda yang memiliki riwayat penyakit kronis yang menyebabkan anda harus batuk terus-terusan ataupun juga bersin. Nah untuk itu kami sangat menyarankan anda agar anda segera mengunjungi dokter untuk mengatasi permasalahan anda agar cepat selesai. Karena batuk dan bersin yang terjadi secara terus-menerus juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya hernia. Kemudian bagi anda ibu hamil kami sangat sarankan agar anda tidur yang cukup. Karena kehamilan juga dapat menekan organ-organ di dalam perut anda tadi.

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mencegah dan mengobati dari terjadinya hernia. Kemudian satu hal lagi yang dapat anda lakukan yaitu dengan cara mengurangi konsumsi rokok anda karena rokok juga dapat menyebabkan penyakit paru kronis. Sehingga dengan begitu akan menyebabkan anda harus mengalami batuk-batuk sepanjang tahunnya. Dan tentunya juga dengan hal ini akan membuat anda terjangkit dengan penyakit hernia ini sendiri.

Dan anda bisa berkonsultasi dengan dokter bedah karena pada biasanya kasus-kasus hernia ini sendiri dapat diselesaikan dengan cara melakukan pembedahan. Untuk itu kami tidak akan menjelaskan secara detail mengenai operasi tersebut namun kami sarankan anda berkonsultasi dengan doker bedah. Lalu ada juga jenis hernia yang bisa sembuh dengan sendirinya. Jenis hernia tersebut adalah hernia umbilikus dan itu juga terjadi pada anak-anak ketika lubang di pusarnya sudah menutup. Namun kebanyakan kasus membutuhkan pelaksanaan melalui operasi untuk mengobati dari hernia ini.

Hernia Itu Apa dan Penyebabnya?

Itulah beberapa informasi mengenai hernia yang dapat anda ketahui jika anda menyukai artikel kali ini jangan lupa untuk membagikannya kepada orang-orang disekitar anda. Agar mereka juga mendapat informasi kesehatan yang dapat membatu dan mencegah mereka terjadinya hernia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Message Us on WhatsApp