Membentuk Otot Yang Cepat di Usia Tua

Membentuk Otot Yang Cepat di Usia Tua

Membentuk Otot Yang Cepat di Usia Tua. Mungkin anda yang sudah berusia tua tentu bertanya-tanya apakah dapat membentuk otot tubuh di usia yang tua. Atau justru hanya mereka yang berada di usia yang sangat muda saja bisa membentuk otot dengan baik tentunya. Sebelumnya mari kita memahami dengan baik cara kerja tubuh kita dalam membangun massa otot. Nah ketika kita berolahraga jaringan otot dirusak menggunakan latihan beban yang intensitasnya tinggi. Dan kemudian diiisi dengan nutrisi untuk memulihkan jaringan otot tersebut agar menjadi lebih besar dan juga lebih kuat ketika kita tidur di malam harinya.

Untuk itu faktor nutrisi,istirahat dan juga latihan adalah harga mati yang harus dipenuhi dalam  membentuk otot efektif. Namun ketika anda sudah beranjak usia tua dan sudah berkepala 4 tubuh kita tidak lagi sama ketika tubuh kita masih muda. Dalam penelitian dari University of Oklahoma yang melakukan riset terhadap beberapa korespoden usia 35-40 tahun  yang melakukan program latihan selama 8 minggu. Dari riset tersebut ditemukan bahwa mereka yang usia 35-40 tahun bisa membangun massa otot yang hampir sama dengan mereka yang berusia 18-22 tahun.

Membentuk Otot Yang Cepat di Usia Tua. Kemudian juga dari penelitian tersebut ditemukan bahwa usia senior bisa menambah 2 pound  massa otot yang dimana memiliki selisih sekitar o,5 pound dari mereka yang berusia muda yaitu 2,5 pound massa otot. Selanjutnya juga ditemukan usia senior bisa melakukan leg press seberat 20 kg  yang dimana pada usia muda bisa melakukan leg press seberat 25 kiloan  dalam kurun waktu 8 minggu. Dari sini bisa didapatkan kesimpulan bahwa orang tua yang konsisten melakukan latihan beban dalam kurun waktu 12 minggu dan mencukupi kebutuhan proteinnya. Tentu bisa mendapatkan massa otot seperti mereka yang masih berada di usia muda.

Namun juga terdapat faktor penting lainnya selain istirahat,nutrisi dan konsisten latihan setiap hari. Yaitu adalah hormon testoteron yang merupakan faktor terpenting dalam pembentukan otot. Sebuah studi  yang dilakukan oleh National Library Magazine menyatakan bahwa usia di atas umur 38 tidak lagi memiliki kadar testoteron yang sama ketika di usia 2o tahunan.

Dan tentunya dengan adanya kekurangan zat tersebut akan mengakibatkan kekuatan tulang,kekuatan otot tidak lagi sekuat dan sebaik ketika masih muda. Dan dari studi kita bisa mendapatkan  kesimpulan bahwa pada usia tua masih bisa membangun massa otot namun tidak secepat ketika masih muda.

Hal yang dapat anda lakukan dalam membentuk massa otot yang efektif dan baik

Membentuk Otot Yang Cepat di Usia Tua. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan bagi anda yang telah berumur 40 tahun keatas dalam membangun massa otot.

1. Melakukan pemanasan atau warming up

Dalam melakukan pemanasan hal yang dapat anda lakukan adalah senam ringan ataupun menggunakan beban ringan sebelum memulai latihan inti. Tujuan melakukan pemanasan ini adalah mempersiapkan sendi-sendi kita dan juga meningkatkan suhu tubuh kita.

2. Deload atau proses pengurangan volume latihan

Kemudian hal selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan cara deload atau melakukan pengurangan volume latihan. Biasanya hal ini dilakukan setelah anda melakukan latihan 3-6 minggu secara intensif. Jadi cara yang dapat anda lakukan dengan cuti selama 1 minggu namun tidak off secara total. Anda tetap melakukan latihan namun dengan menggunakan beban yang ringan dan lebih banyak beristirahat di rumah. Tidak lupa juga untuk mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari yang tubuh anda butuhkan.

3. Kardio

BACA JUGA:Apakah kedelai menyebabkan kanker?

Banyak yang mengatakan bahwa kardio tidak terlalu penting untuk dilakukan ketika tujuan kita hanya ingin membangun massa otot. Jika kita ingin membangun massa otot maka tentu yang dapat kita lakukan adalah dengan surplus kalori. Ataupun jika kita ingin melakukan program cutting hal yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan program surpluss calori.

Namun bagi anda yang sudah berkepala empat kardio ini merupakan salah satu program yang wajib anda lakukan untuk meningkatkan metabolisme anda tentunya. Dan rentang waktu yang anda butuhkan untuk melakukan kardio adalah selama 15-30 menit dalam kurun waktu 2-3 kali dalam seminggu. Di program kardio ini anda bersepeda,joging,serta berenang atau apapun yang berbentuk kardio tentunya.

Selain metabolisme kardio juga sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan jantung anda tentunya. Karena di usia tersebut anda sudah mulai concern terhadapat kolestrol dan dengan kardio ini dapat mengontrol body fat yang terdapat di dalam tubuh kita.

BACA JUGA:Masalah Kesehatan Orang Dewasa kantoran

4. Nutrisi

Ketika anda sudah berada di usia 4o tahun keatas maka nutrisi adalah salah satu hal yang wajib anda jaga. Berapa kebutuhan kalori dan juga berapa kebutuhan protein untuk tujuan fitness goal anda tentunya dalam mendapatkan badan yang atletis dan juga sehat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Message Us on WhatsApp