Penyebab Bangun Tidur Lemas Kenapa?

Penyebab Bangun Tidur Lemas Kenapa?

Penyebab Bangun Tidur Lemas Kenapa?

Penyebab Bangun Tidur Lemas Kenapa?. Mungkin bagi anda yang saat ini telah bekerja pada pagi harinya sampai dengan siang harinya. Atau bagi anda yang masih pelajar tentu membutuhkan istirahat malam yang cukup ketika sudah beraktifitas selama seharian. Tapi terkadang meskipun kita sudah cukup tidur di malam harinya contoh saja anda tidur 9-10 jam dan bangun jam 6 pagi tetapi justru ternyata badan anda masih lamas. Sehingga dengan begitu anda merasakan seperti anda sedang kurang tidur padahal di malam harinya sudah tidur hingga 8 jam bahkan. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengapa justru fenomena tersebut dapat terjadi.

1.Anda membawa pekerjaan anda ke tempat tidur

Penyebab Bangun Tidur Lemas Kenapa?. Membawa pekerjaan anda ke tempat tidur merupakan faktor yang pertama mengapa anda pada pagi harinya merasakan lemas yang sangat luar biasa. Padahal kalau dilihat-lihat anda sudah cukup sekali tidur malam. Banyak dari kita yang ketika tidur  justru masih main hp dan mencoba untuk menyelesaikan pekerjaan serta tangggunag jawab kita masing-masing. Atau mungkin saja anda tidak  membawa hp serta laptop anda ke tempat tidur namun pikiran anda sendirilah yang masih memikirkan pekerjaan dan tanggung jawab anda. Apalagi bagi anda yang tidur sambil bekerja dengan laptop bisa ketik anda bangun tidur pagi hari posisi tidur anda sudah dan tidur di keyboard laptop anda nantinya.

Penyebab Bangun Tidur Lemas Kenapa?

Jadi dengan hal-hal seperti ini juga bisa membuat kualitas tidur anda tidak baik. Akhirnya pada keesokan harinya ketika anda bangun badan anda terasa masih lemas dan beberapa dari anda mungkin merasakan pusing yang luar biasa.

2. Terlalu banyak konsumsi kafein

 

Lalu yang kedua yang membuat anda lemas di siang hari adalah anda terlalu banyak mengonsumsi kafein. Ketika anda ingin menutup mata ataupun ketika anda ingin tidur jantung anda berdebar terus dan akhirnya membuat anda tidak bisa tidur. Jadi pada keesokan harinya yang harusnya anda bangun tidur dengan segar akhirnya ketika anda bangun pagi badan anda terasa lemas dan juga tidak bertenaga.

3. Makan berlebihan atau terlalu banyak makan sebelum tidur

Penyebab Bangun Tidur Lemas Kenapa?

Kebanyakan dari kita yang jutru sangat suka sekali untuk mengonsumsi makan-makanan junk food pada malam harinya. Sehingga pada akhirnya ketika anda sedang tidur usus anda tetap bekerja mencerna makanan. Dimana yang seharunya adalah organ pencernaan kita beristirahat pada malam harinya. Tetapi karena organ pencernaan kita bekerja secara terus-terusan membuat kita merasa lemas ketika bangun pagi keesokan harinya. Mungkin salah satu faktornya disebabkan karena makan-makanan junkfood itu selalu buka selama 24 jam lamanya. Sehingga dengan begitu kita akan dengan mudah untuk mengonsumsi makan-makanan junkfood  pada malam harinya.

BACA JUGA:Efek Tubuh Kekurangan Tidur untuk Diketahui

4. Anda jarang berolahraga

Penyebab Bangun Tidur Lemas Kenapa?

Jadi yang justru anda perlu ketahui adalah dengan anda melakukan olahraga maka akan membatu memperbaiki sirkulasi darah anda. Dan memperbaiki metabolisme sehingga dengan begitu anda bisa tidur lelap. Percuma saja jika anda tidur namun justru anda tidak bisa tidur lelap. Akhirnya yang justru akan terjadi adalah kualitas tidur anda menjadi tidak baik dan kemudian juga anda bangun dalam kondisi yang tidak prima.

5. Anda mengalami dehidrasi

Penyebab Bangun Tidur Lemas Kenapa?

Penyebab selanjutnya adalah anda mengalami dehidrasi. Jadi untuk itu sangat kami sarankan agar anda minum air yang cukup untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Apabila anda dehidrasi,asupan cairan anda juga kurang,maka sirkulasi darah anda juga akan tidak baik lagi nantinya. Jadi apabila anda dehidrasi,anda kekurangan cairan maka tentu metabolime tubuh anda tidak akan berjalan dengan baik. Sirkulasi darah anda tidak baik sehingga dengan begitu akan membuat anda bangun pagi tidak terasa segar.

6. Anemia

Untuk anda yang ingin mengecek apakah anda terkena anemia atau tidak anda dapat mengecek Hb anda ke lab. Atau pemeriksaan paling gampang yang bisa anda lakukan sendiri di rumah adalah cek dibawah mata anda atau konjungtiva anda. Jadi anda bisa melihat melalui cermin apakah warnanya lebih pucat ataupun tidak. Dan anda bisa menbandingkan dengan konjungtiva keluarga anda atau teman anda yang normal. Atau selain itu dapat mengecek kuku anda apakah warnanya putih pucat ataupun tidak. Dan jika iya maka tentu anda sedang mengalami Anemia.

Penyebab Bangun Tidur Lemas Kenapa?

Kemudian jika anda ingin memastikannya lagi anda dapat mengecek ke laboratorium. Anemia ini bisa menyebabkan anda lemas ketika tidur dikarenakan sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen di dalam tubuh anda kurang. Jadi ketika anda sedang tidur atau anda sedang melakukan aktifitas tertentu anda tetap membutuhkan yang namanya asupan oksigen.

7. Hipotensi

Untuk anda yang ingin tahu apakah anda menderita hipotensi atau tidak anda dapat melakukan pengecekan ke dokter anda ataupun perawat anda. Lalu yang harus anda lakukan jika justru tensi anda rendah adalah anda perbaiki pola makan anda. Coba anda perhatikan apakah makanan anda sudah cukup kandungan karbohidrat,protein dan juga zat besi lainnya. Jika ternyata belum maka harus segera anda perbaiki dan lalu kemudian anda tambahkan dengan cukup melakukan olahraga.

Penyebab Bangun Tidur Lemas Kenapa?

BACA JUGA:Kebiasaan hidup tidak sehat Indonesia

8. Hipoglikemia

Hipoglikemia ini merupakan sebuah kondisi dimana kadar gula darah anda sedang drop atau terlalu rendah. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang menderita kencing manis atau yang biasa kita sebut dengan diabetes yang mengonsumsi obat. Mungkin bisa jadi pola makannya tidak sehat dan kemudian juga sering lupa untuk minum obat. Sehingga pada keesokan harinya gula darahnya menjadi drop. Hal ini juga dapat menyebabkan badan anda menjadi lemas dan juga pusing. Nah untuk itu bagi anda yang memiliki riwayat diabtes sebaiknya anda cek terlebih dahulu ke dokter anda. Dan juga jangan lupa untuk tetap menjaga pola hidup sehat serta makan dengan teratur.

 

9. Efek samping obat ataupun alkohol

Penyebab Bangun Tidur Lemas Kenapa?

Kemudian yang kesembilan adalah efek samping obat ataupun juga alkohol. Jadi dengan anda mengonsumsi obat-obatan tertentu akan membuat badan anda lemas pada keesokan harinya. Misalnya saja obat penenang yang diminum dengan dosis yang tinggi atau anda baru saja meminum alkohol pada malam harinya. Itulah 9 sebab yang menyebabkan badan anda lemas ketika anda bangun tidur. Jadi jika anda masih merasa lemas ketika anda bangun tidur mungkin saja ada beberapa poin yang anda langgar.

Untuk itu ada baiknya anda mengecek dan menginstropeksi diri anda lagi kira-kira apa saja yang belum anda perhatikan selama ini sehingga badan anda masih terasa lemas. Jangan lupa untuk tetap menjaga pola hidup sehat meskipun anda sudah tidak merasakan lemas lagi pada tubuh anda. Dan jika menurut anda informasi yang kami berikan kali ini bermanfaat jangan lupa untuk tetap ikuti kami dan bagikan informasi ini ke orang-orang disekitar kita agar juga dapat merasakan manfaatnya.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *