Siklus Menstruasi Wanita yang Harus Anda Ketahui

Siklus Menstruasi Wanita yang Harus Anda Ketahui

Siklus Menstruasi Wanita yang Harus Anda Ketahui. Artikel ini dijukan kepada anda yang berkelamin wanita terutamanya karena siklus menstruasi ini menjadi sangat penting bagi wanita. Mestruasi ini sendiri memiliki pengertian yaitu proses perubahan pada organ reproduksi wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Dan disana terdapat otot pada rahim yang disebut juga myometrium sedangkan dibagian dalamnya disebut dengan endometrium. Selama menstruasi terjadi perubahan pada endometrium yang mana endometrium yang kaya akan pembuluh darah ini akan mulai menebal.

       

Sementara di sisi lain ada juga yang bernama ovarium yaitu indung telur yang akan mempersiapkan sel telur untuk proses pembuahan. Jadi setelah sel telur tadi dibentuk maka sel telur ini akan berjalan menuju tuba fallopi. Dan sel tersebut akan menunggu sel sperma yang akan membuahi nantinya. Apabila telah terjadi pembuahan maka akan terbentuk yang namanya zigot dan rahim tadi sudah dipersiapkan.

Jadi endometrium yang tebal tadi dipersiapkan dengan tujuan untuk mempersiapkan pembuahan sel telur dan tempat terbentuknya zigot. Dan kelak zigot ini akan menjadi janin yang kemudian juga akan menjadi bayi manusia. Namun apa  kira-kira yang terjadi sel telur yang telah dibentuk ovarium ini justru tidak mendapatkan pembuahan atau tidak ada hubungan seks?. Otomatis dinding endometrium tadi akan mengalami peluruhan karena tidak dibuahi

Sehingga pada akhirnya endometrium dan sel telur tadi akan keluar melalui vagina dan menyebabkan pendarahan pada wanita. Dan biasanya terjadi antara 2-7 hari. Pertanyaan bagaimana jika itu berlangsung lebih dari 7 hari atau bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali?. Saat proses mentruasi darah yang keluar sekitar 30-50cc. Ada juga beberapa literatur yang mengatakan sebanyak 80cc.

Berbeda halnya jika anda harus mengganti pembalut setiap satu jam akibat pendarahan yang tidak kunjung berhenti. Maka dari itu anda sangat disarankan agar segera mengunjungi dokter untuk segera mendapat arahan dari dokter.

BACA JUGA:Apakah Jus itu Sehat bagi Tubuh Kita?

FASE-FASE SELAMA MENSTRUASI

1.FASE PERTAMA

Yang pertama adalah Fase Mens atau fase pendarahan  Pada saat fase mens ini berlangsung selama 2-7 hari. Kemudian ada juga fase ovulasi dan yang terakhir adalah fase lutasi. Dalam fase pendarahan atau fase men ini biasa wania akan merasa perutnya sakit di hari pertama. Karena dinding rahim harus berkontraksi untuk mengeluarkan darah dari dinding endometrium  tadi dan sel telur yang tidak dibuahi tadi.

Selain sakit perut wanita yang sedang mengalami masa mentruasi juga memiliki mood yang tidak stabil,kurang percaya diri dan gampang tersinggung. Bagi anda yang memiliki teman seperti ini mungkin saja dia sedang mengalami fase menstruasi.

2.FASE KEDUA

Yang kedua adalah fase folikuler dimana pada fase kalenjar pituitari akan menstimulasi atau menghasilkan hormon yang disebut juga dengan FSH. Jadi disinilah mulai terjadi pembentukan ovarium atau juga ovum. Dan pada fase ini juga terjadi peningkatan kadar estrogen pada wanita sehingga membuat mood si wanita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Proses ini berlangsung secara perlahan dengan kurun waktu selama 13 hari.

3.FASE KETIGA

Masuk ke fase yang ketiga yaitu fase ovulasi yang terjadi pada hari ke-13 atau 14 dalam siklus menstruasi wanita. Pada fase ini sel telur akan masuk ke dalam tuba fallopi dan pada fase inilah terjadi pelonjakan estrogen sehingga membuat mood wanita menjadi lebih ceria.

4.FASE KEEMPAT

Masuk ketahapan yang keempat yaitu lutesi dimana hal ini terjadi pada hari ke-15 sampai dengan ke-28. Justru pada fase ini terjadi yang namanya penurunan kadar estrogen namun disisi lain hormon progresteron yang meningkat. Akibatnya adalah terjadi penebalan pada dinding endometrium seperti yang telah dijelaskan diatas untuk mempersiapkan kehamilan.

Pada fase ini tinggal menunggu saja apakah terjadi pembuahan ataupun tidak terjadi pembuahan sama sekali. Jika tidak terjadi pembuahan maka indung telur akan menghentikan secara perlahan produksi estrogen tadi. Akibatnya si wanita akan merasa tidak lagi ceria dan moodnya berubah-ubah seperti penjelasan diatas. Bahkan juga ada kemungkinan si wanita akan timbul jerawat dan fase luteal ini akan berlangsung sampai hari ke-28.

BACA JUGA:8 gejala kekurangan protein yang harus diketahui

SIklus menstruasi yang normal

Dan apabila juga tidak terjadi proses pembuahan maka siklus ini akan berulang lagi seperti tahap yang pertama dan berlangsung selama sebulan sekali. Pertanyaanya adalah apakah selalu tepat 28 hari saja?. Rata-rata siklus menstruasi ini berlangsung selama 28 hari dan masih terbilang normal apabila berlangsung selama 21-35 hari. Misalkan dibawah 21 hari atau telat sampai dengan 37 hari ke atas selama 3 bulan berturut-turut maka bisa dikatakan menstruasinya tidak normal

Untuk itu bagi anda yang sedang memasuki masa menstruasi sangat disarankan agar anda menjaga stress anda serta menjaga diet anda agar tidak terlalu ketat dalam menjalani dietnya. Atau anda juga dapat membuat agenda selama anda memasuki fase menstruasi seperti gambar yang terdapat dibawah ini atau bisa juga dengan menonton video penjelasan langsung dari Dr.Sung nantinya.

Jadi yang pertama anda bisa membuat kalendar menstruasi anda untuk mengecek atau melihat apakah menstruasi anda berlangsung normal atau tidak. Yang kedua anda juga disarankan untuk rutin berolahraga untuk memperlacar aliran darah dan menjaga keseimbangan hormon anda. Tidak lupa yang ketiga untuk mengonsumsi makan-makanan bergizi seimbang.

Jangan lupa untuk menonton video penjelasan langsung dari Dr.Sung SB30 Health dibawah ini seputar siklus menstruasi wanita yang harus anda ketahui apalagi jika anda adalah seorang wanita:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *