Teknik Relaksasi Diri Zaman Kuno untuk dicoba

Teknik Relaksasi Diri Zaman Kuno untuk dicoba

Teknik Relaksasi Diri Zaman Kuno untuk dicoba. Berikut adalah beberapa Teknik Relaksasi Diri Zaman Kuno untuk dicoba yang berasal dari beberapa negara.  Jadi sebelum kita membahas beberapa teknik-teknik tersebut mari kita mendegarkan latar belakangnya terlebih dahulu. Jadi yang perlu anda ketahui adalah ketika orang mengalami stress atau penat dengan pekerjaan mereka,banyak dari mereka yang akan mencari cara untuk relaksasi. Pada zaman sekarang atau zaman modern ini banyak dari mereka yang melakuakan relaksasi dengan cara bermain game. Atau ada juga beberapa orang yang melakukan relaksasi dengan cara berolahraga seperti yoga,gym dan lain sebagainya.

Teknik Relaksasi Diri Zaman Kuno untuk dicoba

Beberapa teknik relaksasi zaman dahulu yang dapat anda ketahui

Teknik Relaksasi Diri Zaman Kuno untuk dicoba. Namun pada artikel kali ini teknik relaksasi yang anda dapatkan akan berbeda sekali dengan teknik yang ada sekarang seperti yang telah dijelaskan diatas. Dimana zaman dahulu belum ada gadget,game dan sejenisnya. Namun beberapa dari teknik relaksasi kuno ini masih dilakuan juga hingga sekarang di zaman modern ini.

1. Meditasi

Teknik Relaksasi Diri Zaman Kuno untuk dicoba

Meditasi adalah salah satu teknik atau cara tradisional yang masih dilakukan sampai sekarang. Akan tetapi orang-orang pada zaman dahulu bahkan sampai dengan saat ini melakukan meditasi dengan berbagai macam alasan seperti spritual untuk ketenagan,dekat dengan alam dan alasan lainnya.  Teknik meditasi adalah teknik yang mengmati napas yang masuk dan juga napas yang keluar. Jadi duduk dengan posisi tertentu ada yang bersila, dan ada juga yang duduk seperti biasa. Tujuan daripada melakukan ini adalah untuk mengatur pikiran mereka,fokus ke napas mereka.

Jadi dengan begitu mereka tidak memikirkan pekerjaan mereka karena tujuan utama seseorang melakukan meditasi adalah untuk memfokuskan pikiran kita. Kemudian ada juga beberapa teknik meditasi yang menggunakan objek misalnya lilin,atau apapun itu. Dan tujuannnya adalah untuk memfokuskan pikiran mereka dan tidak fokus kepada hal-hal lainnya.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Kebotakan untuk Anda

2. Berdoa

Teknik Relaksasi Diri Zaman Kuno untuk dicoba

Teknik berdoa ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan teknik meditasi. Namun juga ada beberapa orang yang jutru mengatakan meditasi dan berdoa adalah hal yang sama. Dan ini bergantung kepada kepahaman masing-masing orang tentunya. Kemudian juga tidak ada posisi yang pasti mengenai berdoa ini karena bergantung dengan kepercayaan anda masing-masing. Sama seperti meditasi pikiran anda berfokus kepada rasa berterima kasih dan juga bersyukur kepada tuhan semesta alam.

Dan ketika anda berdoa anda tidak sust 250 review steroids-usa.net meminta secara menuntut kepada tuhan yang maha esa namun justru dengan rasa syukur dan terima kasih. Meskipun keadaan anda sedang lagi berada dalam banyak masalah. Tentunya anda bersyukur dan berterima kasih kepada tuhan tanpa dipengaruhi oleh Barang,Orang dan Situasi atau yang biasa disingkat dengan BOS.

3. Yoga

Teknik Relaksasi Diri Zaman Kuno untuk dicoba

Teknik relaksasi yang ketiga bernama yoga dan di dalam yoga ini sendiri ada juga ajaran meditasinya. Yoga ini sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki arti penyatuan. Yaitu penyatuan terhadap alam semesta dan sang pencipta. Teknik sudah berada di India selama 5000 tahun lamanya dan digunakan oleh mereka yang beragama Hindu. Selanjutnya juga yoga ini sendiri sudah diajar dan memiliki perguruannya masing-masing di zaman modern ini terutama di tempat-tempat kebugaran.

Dan mungkin dari tekniknya sendiri agak sedikit lebih berbeda karena lebih kearah sport dibandingkan dengan meditasi. Dan anda bisa belajar yoga ini dengan mencari guru yoga yang tepat dan bisa anda percayai untuk belajar menenangkan pikiran anda. Berbeda dengan teknik meditasi lainnya yoga ini bisa dipakai untuk belajar memfokuskan pikiran dan juga berlatih meregangkan tubuh. Jika anda mengalami masalah leher kaku dan badan pegal-pegal anda bisa mencoba teknik tradisional yang satu ini.

4. Tai Chi

Teknik Relaksasi Diri Zaman Kuno untuk dicoba

Selanjutnya kita masuk teknik yang keempat yaitu teknik tai chi. Mungkin beberapa dari anda sudah mengenal teknik ini dari menonton film seperti Man of Taichi dan lain semacamnya. Nah sebenarnya tai chi ini adalah gabungan antara seni dan olahraga kebugaran yang memfokuskan pikiran dan kemudian juga pernafasan. Jadi gerakan daripada Taichi ini adalah seperti gerakan yang mengalir. Ketika 3 ini bisa dipadukan kita akan mendapatkan ketenangan dan bahkan bisa masuk dalam kondisi yang kita sebut juga dengan meditasi.

Terkadang banyak orang yang mengira bahwa jika ingin melakukan meditasi itu harus dalam posisi duduk diam. Jadi sebenarnya dengan melakukan yoga ataupun taichi kita juga bisa masuk kedalam kondisi meditasi tersebut juga untuk mencari ketenangan. Dan taichi ini sendiri sudah lama sekali berkembang di negara China sejak ribuan tahun lamanya bahkan dan dipercaya dapat meningkatkan energi di dalam tubuh. Hal dikarenakan pikiran yang baik,gerakan yang baik tadi dan juga fokus pikiran yang baik tadi bisa meningkatkan qi atau energi didalam tubuh anda.

Selain itu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan bagi anda yang nyeri sendi juga bagus untuk melakukan teknik olahraga yang satu ini. Namun perlu anda ingat kembali jika anda ingin sekali belajar teknik ini ada baiknya anda mencari guru yang benar-benar bisa.

5. Berendam air panas

Teknik Relaksasi Diri Zaman Kuno untuk dicoba

Jika berbicara mengenai berendam di air panas pikiran kita pasti menuju ke arah onsen atau pemandian Jepang. Jadi Jepang ini memiliki tradisi ataupun budaya dengan berendam di air panas. Nah ini biasanya dipakai tentara-tentara Jepang yang habis pulang dari peperangan untuk menghilangkan rasa nyeri,capek,dan juga pegal-pegal. Kemudian juga dipecaya dalam proses penyembuhan luka dan mempercepat penyembuhannya. Serta juga berendam air panas ini sebelumnya diperkenalkan oleh biksu kepada masyarakat dan mengatakan dengan melakukan ini dapat mengurangi nyeri,relaksasi tubuh dan juga pemulihan diri bagi mereka yang sedang sakit.

Kemudian filosofi mereka yang melakukan pemandian air panas onsen tadi adalah semua manusia sama rata jadi artinya adalah mereka saat berendam benar-benar telanjang tanpa melihat latar belakang mereka. Selanjunya juga pada zaman dahulu pemandian air panas pria dan wanita dicampur berbeda dengan zaman sekarang yang sudah dipisah satu sama lain. Kemudian juga sudah dikasih handuk sehingga dengan begitu anda tidak lagi telanjang bulat berbeda dengan zaman dulu. Nah bagi anda yang memiliki uang lebih silahkan mengunjungi onsen di Jepang.

BACA JUGA:Kebiasaan hidup tidak sehat Indonesia

6. Hidroterapi

Teknik Relaksasi Diri Zaman Kuno untuk dicoba

Kemudian mari kita masuk ke teknik tradisional yang lain dan menjadi penutup artikel kali ini yaitu teknik Hidroterapi. Seperti namanya yaitu hidro yang artinya adalah teknik ini menggunakan air dan teknik ini sudah dikenal ribuan tahun lamanya.  Kemudian dikenal di beberapa negara seperti China,Jepang,Mesir,Romawi dan juga Yunani. Berikut adalah beberapa rangkuman mengenai metode yang digunakan dalam teknik hidroterapi ini salah satunya adalah mandi dengan menambahkan bunga dan minyak essesial ke dalam air mandi mereka.

Jadi dulu teknik Hidroterapi ini dikenal juga dengan Hidropathy yaitu metode pengobatan menggunakan air untuk mengobati berbagai macam penyakit dan meringankan kondisi yang menyakitkan. Jadi bagi mereka yang memiliki masalah nyeri otot,stress tinggi,kram atau stress seharian mereka melakukan teknik hidroterapi ini. Beberapa metode yang digunakan adalah mandi pinggul atau yang disebut sitzbath dan hanya berendam sebatas pinggul seseorang saja dan kedua ada yang namanya pijat air.

Pijat air ini sendiri dilakukan dengan cara semprotan air yang memiliki efek membuat tubuh kita menjadi lebih rileks dan biasanya menggunakan shower. Kemudian yang ketiga ada metode yang bernama membungkus dengan air. Nah pada metode ini para penderita dimina untuk berbaring kemudian dibungkus dengan kain yang basah selanjutnya ditutupi dengan handuk yang kering. Kemudian setelah mereka melakukan hal seperti itu mereka diminta untuk mandi jadi ini bisa meringankan gejala bronkitis,nyeri otot dan juga flu.

Kemudian yang keempat adalah dengan melakukan kompres seperti biasa kita lakukan ketika demam. Yaitu dengan cara mengambil air dan dikompreskan ke kepala atau bagian tubuh yang ingin dikompres. Selanjutnya teknik yang kelima adalah teknik merendam kaki dan merendam kaki ini bisa menggunakan air dingin ataupun air hangat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Message Us on WhatsApp