Waspada Nyeri Payudara untuk Anda Ketahui

Waspada Nyeri Payudara untuk Anda Ketahui

Waspada Nyeri Payudara untuk Anda Ketahui. Jadi pada artikel kali ini tentunya dikhususkan sekali buat anda yang berkelamin wanita. Tentu buat anda yang para wanita pasti pernah mengalami nyeri pada bagian payudara anda dan pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa penyebab dari nyeri tersebut. Nyeri pada bagian payudara wanita dalam bahasa kodokterannya disebut juga dengan Mastalgia. Mastalgia ini sendiri merupakan nyeri pada area payudara wanita atau pada jaringan di sekitar payudara wanita. Kemudian nyeri pada bagian ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor juga tentunya jadi anda tidak perlu khawatir berlebihan karena tidak semua nyeri payudara itu disebabkan oleh kanker.

BACA JUGA:Gangguan Kesehatan Wanita Menopause

1. Siklus menstruasi

Jadi buat anda para wanita setiap bulannya pasti pernah mengalami namanya siklus menstruasi dan biasanya nyeri pada bagian payudara dialami 3-4 hari sebelumnya terjadinya siklus menstruasi. Dan ketika siklus mentruasi tersebut selesai maka nyeri tersebut akan hilang dengan sendirinya sehingga dengan begitu maka anda tidak perlu khawatir.

2. Peradangan payudara

Faktor yang kedua disebabkan karena adanya peradangan pada payudara anda dan peradangan ini dalam istilah medis disebut juga dengan Mastitis. Nah selain itu bisa disebabkan karena abses biasanya mengalami peradangan dan nyeri pada payudara tentunya.

3. Benjolan pada payudara

Lalu penyebab yang ketiga adalah karena adanya suatu benjolan pada payudara. Dan benjolan ini sendiri biasanya bersifat jinak atau yang kita sebut juga dengan Fibroadenoma Mammae ( FAM ). Nah buat anda yang mengalami gejala seperti ini anda bisa mengkonsultasikan kepada dokter anda terutama sekali dokter bedah tentunya.

4. Cedera pada bagian tubuh yang lain

Kemudian yang keempat adalah cedera pada tubuh bagian lain yang mungkin bukan di bagian payudaranya sendiri. Misalkan saja seperti anda baru habis melakukan suatu olahraga  seperti contohnya push-up atau mungkin saja anda sedang beraktifitas melakukan angkat beban. Jadi sebenarnya yang nyeri adalah otot pektoral dibelakang payudara anda sehingga bukan murni nyeri dari payudara anda sendiri.

5. Efek samping daripada memgonsumsi obat-obatan

Yang kelima adalah efek samping akibat mengonsumsi obat-obatan tentunya. Misalnya saja penggunaan obat-obatan hormonal seperti pil kb contohnya ataupun obat-obatan lainnya yang dapat menyebabkan nyeri pada bagian payudara. Dan untuk itu bagi anda yang mengalami nyeri pada bagian tersebut kami sangat menyarankan agar anda segera berkonsultasi dengan dokter anda.

6. Pasca operasi

Penyebab yang keenam bisa juga disebabkan oleh karena anda baru saja melakukan operasi atau pasca operasi dibagian dada. Sehingga dengan begitu membuat bagian pada payudara anda terasa nyeri sekali. ‘

7. Penyakit kulit disekitar payudara anda

Kemudian penyebab yang ketujuh adalah adanya penyakit kulit di sekitar payudara anda dan ini bisa jadi disebabkan karena terjadinya infeksi herpes ataupun terjadinya peradangan kulit disana. Sehingga dengan begitu membuat bagian pada payudara anda akan terasa nyeri.

BACA JUGA:Siklus Menstruasi Wanita yang Harus Anda Ketahui

Nah itu tadi adalah beberapa penyebab yang menyebabkan nyeri di bagian payudara anda atau yang dapat memicu terjadinya nyeri di bagian payudara anda. Namun juga ada beberapa gejala yang harus anda waspadai dan jika muncul gejala ini maka anda wajib untuk segera pergi ke dokter.

1. Perubahan bentuk dan ukuran dari payudara tersebut

2. Keluarnya cairan yang disertai dengan darah pada area payudara atau daerah di sekitar puting payudara itu tadi.

3 Ada ruam di sekitar payudara atau puting payudara

4. Kemudian terjadinya bengkak atau benjolan yang disertai nyeri dan bisa menjalar di ketiak dan tidak diiikuti dengan siklus mestruasi

Dari hal ini tentu anda harus waspada dan segera konsulasikanlah kepada dokter anda tentunya.

5. Tampak permukaan payudara tersebut seperti sedang tertarik ke dalam

6. Gejala seperti bengkak,kemerahan atau rasa panas

Itulah beberapa gejala yang tentunya harus anda waspadai dan jika terdapat salah satu saja yang timbul maka segeralah memeriksakan diri anda kepada dokter yang ahlinya. Dan mudah-mudahan dengan adanya artikel kali ini dapat membantu anda untuk terus menjaga pola hidup sehat dan juga aktifitas sehari-hari anda semakin produkif. Jangan lupa untuk terus mengikuti kami serta bagikan artikel ini kepada orang-orang disekitar anda agar mereka juga turut menjaga pola hidup sehat setiap harinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Message Us on WhatsApp