Waspadalah terhadap Bakteri Salmonella Typhi

Waspadalah terhadap Bakteri Salmonella Typhi

Waspadalah terhadap Bakteri Salmonella Typhi

Waspadalah terhadap Bakteri Salmonella Typhi. Nah mungkin beberapa dari anda pernah mendengar sebuah nama yaitu Salmonella. Dan salmonella ini sendiri adalah sebuah bakteri yaitu bakteri gram negatif yang berbentuk seperti batang. Kemudian bakteri ini dapat menginfeksi tubuh manusia terutama di saluran pencernaan manusia. Cara penularan bakteri ini bisa melalui makanan yang anda makan seperti daging,telur,atau makanan seperti daging mentah serta daging yang setengah mentah. Kemudian penyakit yang dapat ditimbulkan dari bakteri salmonella ini adalah penyakit demam thypoid. Dan banyak sekali masyarakat kita atau masyarakat Indonesia yang menyamakan demam thypoid ini dengan tipes.

Waspadalah terhadap Bakteri Salmonella Typhi    Waspadalah terhadap Bakteri Salmonella Typhi

Namun sebenarnya kedua penyakit ini disebabkan oleh kuman ataupun bakteri yang berbeda juga. Jadi demam thypoid itu disebabkan oleh bakteri salmonella sedangkan tipes itu sendiri disebabkan oleh bakteri rickettsia. Gejala demam typoid jika anda terinfeksi ini tidak terlalu khas dan biasanya mirip dengan demam berdarah. Gejala pertama yang ditimbulkan adalah panas tinggi atau yang kita sebut juga dengan demam tinggi. Kemudian juga gejala yang ditimbulkan lainnya karena terifeksi adalah seperti tubuh merasa lemas,nafsu makan hilang,susah makan,minum juga tidak mau. Bahkan bisa menyebabkan pingsan akibat dehidrasi.

Lalu kemudian ada juga gejala yang disebut dengan bradikardi relatif yang ditandai dengan naiknya suhu tubuh dan juga denyut nadi yang berdenyut pelan. Biasanya kenaikan suhu tubuuh akan menyebabkan kenaikan denyut nadi pula. Namun berbeda dengan kasus ini dan karena itulah yanng menyebabkan penyakit ini dinamakan brikardi relatif. Kemudian juga pada bagian lidah sehingga ketika anda menjulurkan lidah biasanya lidah akan gemetar atau yang biasa kita sebut juga dengan tremor.

Waspadalah terhadap Bakteri Salmonella Typhi

BACA JUGA:Perbedaan Pusing dan Sakit Kepala untuk Anda

Hal-hal yang perlu anda perhatikan jika terinfeksi bakteri salmonella

Waspadalah terhadap Bakteri Salmonella Typhi. Dan di tengah lidah tersebut suatu lapisan putih jadi seperti jaket bewarna putih di tengah lidah. Lalu terdapat gejala lain juga yang tidak khas seperti badan sakit semua,sakit kepala,sendi-sendi anda pun juga jadi terasa sakit dan ini semua bisa terjadi bagi mereka yang terinfkesi. Sehingga akibatnya adalah mood mereka berubah,nafsu makan mereka juga akan ikut menurun seperti yang sudah kami jelaskan juga diatas. Apabila anda mengalami ini maka sebaiknya anda pergi kerumah sakit atau mengunjungi dokter untuk segera diperiksakan.

Waspadalah terhadap Bakteri Salmonella Typhi    Waspadalah terhadap Bakteri Salmonella Typhi

 

Kemudian yang harus anda lakukan adalah mengikuti nasihat dokter dan apabila diberikan antibiotik untuk dikonsumsi segeralah minum antibiotik tersebut sesuai dengan arahan dokter tadi. Jangan sampai anda meremehkan hal ini dan main-main dengan hal ini tentunya. Contohnya saja seperti anda hari ini minum obatnya namun keesokan harinya tidak meminumnya lagi. Jika anda tidak konsisten begitu maka nanti yang akan terjadi adalah bakteri tersebut akan menjadi resisten terhadap bakteri tersebut.

Selanjutnya juga para dokter anda akan menyarankan anda untuk tidak mengonsumsi makan-makanan yang mengandung serat dan untuk itu dengarkanlah kata-kata mereka. Karena ketika anda terinfeksi oleh bakteri salmonella tersebut maka usus anda akan menjadi lebih rentan dan perlu diistirahatkan. Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan cara menghindari mengonsumsi sayur-sayuran serta buah-buahan yang mengandung serat terlebih dahulu. Karena takutnya akan memperparah kondisi usus anda yang terinfeksi

Waspadalah terhadap Bakteri Salmonella Typhi

1.Mencuci tangan anda setiap hari

Waspadalah terhadap Bakteri Salmonella Typhi

Kemudian untuk menghidari atau mencegah diri anda agar tidak terinfeksi dengan bakteri ini salah satunya adalah dengan rajin mencuci tangan. Jadi sebelum anda makan sebaiknya anda segera mencuci tangan terlebih dahulu dan mencuci tangannya pun jangan terburu-buru. Sebaiknya juga anda menggunakan sabun dan juga air yang mengalir agar lebih efektif.

BACA JUGA:Diet Keto Apakah Aman untuk Dilakukan?

2.Hindari mengonsumsi makan-makanan setengah matang

Waspadalah terhadap Bakteri Salmonella Typhi

Tips kedua agar anda tidak teerinfeksi dengan bakteri adalah dengan cara menghindari mengonsumsi makan-makanan yang mentah dan juga setengah matang. Terkecuali jika anda telah mengetahui bahwa makan-makanan tersebut bebas dari kontaminasi bakteri salmonella ini serta juga bakteri lainnya. Jadi jangan sampai anda mengonsumsi makan-makanan mentah tersebut dan pada keesokan harinya anda mengalami diare akut. Kemudian hal lain yang bisa anda lakukan ketika anda selesai makan adalah sisa makanan anda harus ditutup.

Jadi jangan sampai makanan anda tersebut terbuka lebar begitu saja karena akan terkontaminasi dengan cepat nantinya. Mungkin melalui debu ataupun juga dihinggapi dengan lalat nantinya. Mungkin saja anda tidak terkontaminasi dengan bakteri salmonella namun bukan berarti anda tidak akan terkontaminasi dengan jenis bakteri lainnya. Itu sama saja karena dengan begitu akan merusak sistem pencernaan anda ataupun anda dapat mengalami keracunan makanan tersebut.

3. Masak sendiri

Waspadalah terhadap Bakteri Salmonella Typhi

Kemudian tips selanjutnya adalah untuk anda para ibu-ibu atau anda semua yang masak sendiri di rumah. Jadi sebelum anda memasak sayur,daging dan juga buah-buahan yang ingin anda masak pastikan terlebih dahulu anda telah mecuci bahan makanan tersebut. Dan baru kemudian anda potong-potong menjadi bagian kecil. Dan sangat disarankan sekali agar anda mengguakan dua talenan yang berbeda saat anda memotong sayur ataupun daging yang ingin anda potong.

Untuk anda yang tidak mengetahui talenan,talenan itu sendiri adalah alas untuk anda memotong bahan makanan yang anda masak seperti sayur dan daging contohnya. Alasan menggunakan dua talenan yang berbeda ini adalah karena pada saat anda memasak daging maka prosesnya itu akan lebih lama dibandingkan jika anda memasak sayur tentunya. Apalagi jika anda menggunakan talenan tersebut untuk memotong buah-buahan karena buah-buahan itu sendiri tidak dimasak. Dan sayur itupun kalau dimasak akan memakan waktu yang tidak lama dibandingkan dengan daging itu tadi.

Waspadalah terhadap Bakteri Salmonella Typhi

Memisahkan talenan masakan

Karena jika anda menggunakan talenan yang sama untuk bahan-bahan tersebut takutnya bakteri salmonella yang terdapat pada daging tadi akan mengkontaminasi sayur-sayuran dan buah-buahan anda. Jadi untuk itu siapkan dua talenan yang berbeda dan jika perlu pakailah pisau yang berbeda pula untuk mencegah dari adanya kontaminasi bakteri tersebut.

Itulah tadi beberapa penjelasan yang perlu anda ketahui mengenai bakteri salmonella thypi dan dampaknya jika anda terinfeksi dengan bakteri tersebut serta juga cara pencegahannya. Topik pada artikel kali ini begitu menarik sekali untuk dibahas karena banyak sekali negara-negara maju seperti Amerika yang terkena penyakit ini. Karena mereka sangat hobi sekali untuk memakan daging yang mungkin dimasak dengan setengah matang tentuna. Namun terkecuali jika anda mengetahui makanan yang anda makan tersebut hiegenis dan sudah terbebas dari bakteri.

Waspadalah terhadap Bakteri Salmonella Typhi

Baik sampai disini saja artikel kita berakhir dan jika anda sanga menyukai informasi-informasi yang kami bagikan ini jangan lupa untuk selalu stay tune. Serta jangan lupa juga untuk membagikan informasi ini kepada orang-orang disekitar anda agar mereka juga ikut merasakan manfaat yang anda rasakan. Jika anda memiliki ide topik yang akan kita bahas selanjutnya anda boleh melakukan komen dibawah ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *